Sukses

Mendag Jamin Persediaan Pangan dan Harga Stabil Jelang Ramadan

Liputan6.com, Surabaya - Jelang Ramadan, Menteri PerdaganganEnggartiasto Lukito dan Tim Satgas Pangan menggelar sidak ke pasar tradisional Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. Sidak dilakukan guna memantau sejumlah makanan tak layak konsumsi hingga harga pangan.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (12/5/2018), harga jual telur dan daging ayam cukup tinggi. Bahkan, harga daging ayam menyentuh angka Rp 40 ribu per kilogram.

Namun, Mendag menjamin pasokan aman dan harga akan stabil hingga Lebaran.

"Saya akan minta dari yang besar-besar itu untuk mengisi pasar dan harga pasti turun," ujar Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukito.

Sementara itu, harga daging ayam di sejumlah pasar tardisional, seperti di Cianjur, Jawa Barat, naik mulai dari Rp 38 ribu hingga Rp 40 ribu per kilo. Kenaikan harga daging ayam ini dikeluhkan para pembeli dan penjual.

"Masa harga mau naik terus. Kasihan dong rakyat kecil," kata Maemunah, salah satu pembeli.

Tak hanya harga pangan, jelang puasa, petugas Satgas Pangan Kabupaten Blitar juga memantau makanan dan minuman tak layak konsumsi di Pasar Wlingi. Dalam sidak, petugas mendapati makanan dan minuman kedaluwarsa dan kemasannya rusak.

"Kami mengamankan beberapa sampel makanan untuk diuji kandungannya. Ada juga beberapa toko yang menjual produk yang hampir melewati batas kedaluwarsa," jelas Ketua Satgas Pangan Kabupaten Blitar AKP Rifaldhi.

Rencananya, sidak akan digelar selama bulan suci Ramadan dan Idul Fitri.