Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Berpuasa

Liputan6.com, Jakarta Berpuasa tidak hanya sekadar perintah agama. Namun ternyata, puasa juga punya manfaat bagi tubuh. Sesungguhnya, apa yang terjadi dalam tubuh ketika Anda berpuasa?

Melansir Medical News Today pada Sabtu (12/5/2018), beberapa hal ini akan terjadi dalam tubuh Anda ketika melakukan puasa.

1. Penurunan Berat Badan

Tubuh tidak memperoleh energi dari makanan selama masa puasa. Karena itu, energi tersebut masuk ke glukoasa dan disimpan dalam hati dan otot. Proses ini dimulai sekitar 8 jam setelah makanan terakhir dikonsumsi.

Ketika glukosa yang tersimpan habis, tubuh akan mulai membakar lemak sebagai sumber energi. Sehingga, hal ini bisa menyebabkan penurunan berat badan.

2. Mengurangi Tingkat Kolesterol

Dr. Razeen Mahroof dari Universitas Oxford di Inggris mengatakan, penggunaan lemak sebagai energi bisa membantu mempertahankan otot dan mengurangi tingkat kolesterol.

3. Detoksifikasi

"Proses detoksifikasi juga terjadi karena racun yang disimpan dalam lemak tubuh dilarutkan dan dikeluarkan dalam tubuh," tambah Mahroof.

 

2 dari 2 halaman

Sehat Mental

4. Kesehatan Mental

Selain itu, puasa yang dilakukan selama beberapa hari juga bagus untuk hormon endorfin yang diproduksi dalam darah. Hal ini bagus untuk kesehatan mental.

5. Kekebalan Tubuh

Dengan berpuasa menurut Dr. Valter Longo dari University of Southern California (USC) di Los Angeles. juga mampu meningkatkan regenerasi sel kekebalan tubuh.

"Ketika Anda kelaparan, sistem tubuh mencoba untuk menghemat energi. Salah satu hal yang dia lakukan adalah dengan mendaur ulang banyak sel kekebalan yang tidak diperlukan, terutama yang mungkin rusak," jelas Longo.

Loading