Sukses

Resep Praktis Kering Tempe Kacang Teri Pelengkap Ketupat Lebaran

Lengkapi sajian ketupat Lebaran dengan kering tempe kacang teri yang praktis dan lezat ini

Liputan6.com, Jakarta Ketupat, opor, rendang, dan sayurnya sudah tersaji di meja makan, namun terasa ada yang masih kurang? Gimana kalau bikin kering tempe kacang teri untuk menu pelengkapnya.

Yuk, praktikkan resep praktis sekaligus lezat yang bisa kita coba di rumah. Tonton videonya di sini

Bahan-bahan:

300 gram Tempe200 gram Kacang almond100 gram Teri5 sendok makan Bawang goreng50 gram Gula pasir5 lembar Daun jeruk150 ml sambal Bangkok3 buah Cabai besar (diiris tipis)1 Batang serai (digeprek)Lada & garam secukupnyaMinyak untuk menggoreng

Cara membuat: 1. Potong-potong tempe tipis dan memanjang.2. Iris-iris miring tiga buah cabai besar. Lalu, geprek satu buah batang serai. 3. Panaskan minyak, goreng tempe dengan api sedang hingga setengah matang, kemudian masukkan teri dan kacang almond, masak hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecokelatan, lalu tiriskan.4. Panaskan gula hingga meleleh dan berbentuk karamel. Lalu, masukkan sambal Bangkok, daun jeruk, serai, lada dan garam secukupnya. Masak hingga harum selama 1-2 menit.5. Tambahkan minyak sekitar dua sendok makan untuk mencairkan sambal, lalu masukkan campuran tempe, teri, dan kacang almond, serta cabai dan bawang goreng. Aduk hingga rata.

Siap disajikan selagi hangat! Nah, selain untuk sajian menu sahur, Kering Tempe Kacang Teri ini juga bisa dijadikan menu tambahan lauk untuk hidangan Lebaran bersama ketupat. Selamat mencoba!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.