Sukses

Korlantas Polri: Tol Surabaya-Mojokerto Siap Digunakan Mudik

Sebagian ruas tol di Jatim lainnya, kata Rokye, masih dalam tahap penyelesaian.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ruas tol di Jawa Timur ke Jawa Tengah rencananya dibuka pada mudik Lebaran tahun ini. Di antaranya Tol Surabaya-Mojokerto, Mojokerto-Kertosono, dan Kertosono-Solo.

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Royke Lumowa memastikan untuk Tol Surabaya - Mojokerto sudah bisa digunakan secara operasional mudik Lebaran nanti. Misalnya mulai dari pintu tol Krian, Sidoarjo, sampai Mojokerto.

"Itu sudah bisa digunakan 24 jam. Sudah operasional," kata Royke saat memantau pembangunan ruas tol Surabaya-Mojokerto, Jawa Timur, Rabu 14 Juni 2017.

Sebagian ruas tol lainnya, kata Rokye, masih dalam tahap penyelesaian. Meski demikian, masih bisa digunakan secara fungsional. Menurut dia, tol fungsional ini cukup membantu mengurai arus lalu lintas yang akan menuju Jawa Tengah. Nantinya, tol tersebut akan dibuka pada H-7 atau 19 Juni 2017.

"Sangat membantu mengurai dan mengurangi kemacetan di jalur alteri. Di jalan provinsi antara Surabaya- Kertosono. Dan nanti bisa sampai ke Ngawi, Nganjuk dan tentunya sampai Surakarta atau kota Solo," ucap Royke.

Namun, Royke mengingatkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika pemudik ingin melintas di ruas tol fungsional ini. Misalnya, pemudik diimbau berhati-hati lantaran kontur jalan yang belum sempurna. Ditambah lagi, belum dilengkapi lampu jalan dan sejumlah rambu lalu lintas juga belum terpasang di tol tersebut.

"Ya karena memang darurat, di sini tidak dibuka untuk malam hari. Tol fungsional ini hanya dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB," terang Royke.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.