Sukses

Ini Dia Menu Berbuka Puasa Khas Berbagai Negara, Mau Coba?

Negara-negara lain juga memiliki menu berbuka puasa yang khas.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki makanan khas berbuka puasa berupa kolak pisang, sedangkan bangsa Arab memiliki kebiasaan berbuka puasa dengan kurma. Ternyata, negara-negara lain juga memiliki menu berbuka puasa yang khas. Dilansir dari laman Spoonuniversity, berikut beberapa makanan khas yang dijadikan menu berbuka puasa.

1. Buah Chaat atau Fruit Chaat

Hidangan ini terbuat dari berbagai buah seperti pisang, apel, stroberi, anggur, dan pada dasarnya buah lain yang anda inginkan. Namun, yang membuat hidangan ini menjadi khas adalah klasik chaat masala yang ditambahkan di atas buah-buahan tersebut.

2. Shakshuka

Makanan gurih ini sangat populer di Afrika Utara. Shakshuka terbuat dari telur rebus dengan saus yang dibumbui dengan jinten, dan terbuat dari tomat, bawang bombay, dan cabai. Makanan ini sering disajikan dengan roti.

3. Daun Anggur Isi atau Stuffed Grape Leaves

Ini merupakan hidangan nasi yang dibungkus daun anggur, yang diramu dengan herbal sebagai bumbunya dan diisi dengan tomat dan bawang. Ini adalah menu favorit di Timur Tengah dan memiliki nama berbeda tergantung daerahnya. Misalnya, di Irak dan Turki disebut dolma, dan di Syria dikenal dengan nama Yabra'a.

4. Kanafeh

Kanafeh adalah hidangan penutup Timur Tengah klasik. Kue keju ini direndam dalam sirup gula manis. Kerak untuk makanan penutupnya terbuat dari mi tipis dan diberi hiasan dengan pistachio.

5. Biryani

Biryani merupakan hidangan yang dimakan sepanjang tahun. Namun, selama bulan Ramadan, selalu menjadi hidangan khas berbuka puasa. Biryani adalah nasi yang dibumbui dengan berbagai bumbu dan juga termasuk ayam atau biryani. Beberapa variasi juga termasuk campuran sayuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.