Sukses

6 Jurus Bebas Dehidrasi Sepanjang Puasa Ramadan

Berpuasa memang berarti menahan haus, tapi bukan berarti tubuh Anda harus mengalami dehidrasi.

Liputan6.com, Jakarta Saat puasa di bulan Ramadan, waktu untuk minum air putih memang lebih terbatas. Saat puasa Anda memang harus menahan haus, tapi bukan berarti harus membiarkan tubuh mengalami dehidrasi. 

Melansir Emirates247, Jumat (9/6/2017), berikut beberapa trik yang bisa Anda ikuti agar tak kehausan saat puasa Ramadan:

1. Minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Anda bisa mengejar ketinggalan pada malam hari, untuk memastikan jumlah air yang Anda minum mencukupi.

2. Hindari makanan panas dan pedas yang dapat meningkatkan rasa haus saat sahur.

3. Jangan memasukkan terlalu banyak garam dalam makanan. Hindari juga makanan seperti ikan asin atau acar yang dapat meningkatkan kebutuhan tubuh akan cairan.

4. Makan buah-buahan segar dan sayuran yang kaya akan air dan serat. Mereka bertahan lama dalam usus dan bisa mengurangi rasa haus.

5. Minum jus buah segar, dan hindari jus dengan pemanis buatan.

6. Usahakan untuk tidak langsung minum banyak air sekaligus saat makan. Cobalah untuk minum air di antara waktu makan dalam jumlah sedang namun sering.

Penting untuk diperhatikan: Minum air es saat buka puasa tidak akan mengobati rasa haus tapi malah akan menyebabkan pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Cobalah minum air dengan suhu ruang atau sedikit dingin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.