Sukses

Balasan Orang yang Memberikan Makanan Berbuka Bagi yang Berpuasa

Bagaimana balasan bagi mereka yang membukakan orang yang berpuasa?

Liputan6.com, Jakarta - Islam sangat menganjurkan mereka yang sedang atau tidak berpuasa untuk berbagi makanan atau minuman kepada sesamanya. Hal ini seperti disampaikan Syekh Said Muhammad Ba'asyin dalam Busyrol Karim.

"Orang berpuasa disunahkan berbagi sesuatu dengan orang lain untuk buka puasanya meskipun hanya sebutir kurma atau seteguk air. Kalau dengan makan malam, tentu lebih utama."

Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah SAW: "Siapa yang membatalkan puasa orang lain, maka ia mendapatkan pahala puasa tanpa mengurangi pahala puasa orang yang bersangkutan."

Melansir dari Islami.co, apabila selagi berpuasa orang yang diberi makanan melakukan hal-hal yang membatalkan pahala puasa seperti bergosip, menghasut orang lain, berdusta, dan tindakan tercela lainnya, hal itu tidak berpengaruh pada pahala orang yang memberinya makanan.

Keterangan di atas menjelaskan betapa kuatnya anjuran untuk berbagi saat berbuka puasa. Dan hal tersebut terlepas dari bagaimana kualitas puasa orang yang diberikan makanan.

*Artikel ini sebelumnya tayang di Islami.co yang ditulis oleh Alhafiz Kurniawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.