Sukses

Kapan Sebenarnya Saat yang Tepat Membayar Zakat Fitrah?

Kapankah sebenarnya saat yang paling tepat untuk membayar zakat fitrah?

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan sudah berjalan sepekan lebih, hal ini menandakan umat Islam semakin dekat dengan Hari Raya Idul Fitri. Namun, ada amalan yang tidak boleh terlewatkan, yaitu zakat fitrah.

Zakat fitrah hukumnya wajib dikeluarkan oleh umat Islam untuk menyucikan dan menjadi fitrah kembali. Mengenai kewajiban zakat fitrah, Nabi bersabda dalam hadis riwayat Bukhari, "Nabi mewajibkan zakat fitrah 1 so' ‎dari kurma atau dari gandum, diwajibkan atas orang ‎merdeka baik laki-laki, perempuan, anak kecil, orang ‎tua, dari golongan orang Islam, dan Nabi juga ‎memerintahkan agar zakat tersebut dibagikan sebelum ‎salat Idul Fitri."

Zakat fitrah akan sah apabila dikeluarkan sebelum salat Idul Fitri. Sesuai hadis riwayat Abu Daud, "Ibni Abbas berkata, Nabi mewajibkan zakat fitrah untuk ‎menyucikan orang yang puasa dari lahan dan rofas serta ‎menjadikan makanan bagi orang miskin. Barang siapa yang ‎mendatangkan zakat sebelum sholat, maka zakat tersebut diterima, dan barang siapa yang mendatangkan zakat sesudah ‎salat, maka akan seperti sedekah biasa seperti umumnya ‎sedekah."

Hadis tersebut menunjukkan bahwa zakat harus dikeluarkan sebelum salat Idul Fitri. Namun, akan lebih utama lagi apabila segala kebaikan dilakukan lebih cepat.

Diriwayatkan dalam hadis riwayat Ibni Khuzaimah, "Ibnu Umar berkata, Nabi mewajibkan zakat fitrah atas orang ‎merdeka dan budak, baik laki-laki maupun perempuan dari qurma ‎atau gandum, Ibni Umar berkata, para manusia membandingkan 1 ‎so' gandum dengan burr, Nafiq berkata: Ibni Umar ketika ‎memberikan 1 so' qurma, tapi Ibni Umar kesulitan dari ‎pembagian qurma, Maka Ibni Umar memberikan gandum, Ayub ‎berkata, kapan Ibni Umar memberi 1 so'? Nafik ‎menjawab, ketika para Amil Zakat memulai, Ayub berkata, ‎kapan para Amil Memulai? Nafik menjawab, sebelum Idul Fitri ‎sehari atau dua hari sebelumnnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.