Sukses

Tren Perjalanan Transportasi Daring Berubah saat Ramadan

Lama perjalanan mengacu pada waktu yang dihabiskan seseorang di jalan selama bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan bulan puasa turut mempengaruhi aktivitas masyarakat. Mulai dari perubahan jam masuk dan pulang kantor hingga jadwal kegiatan lainnya.

Ini juga terjadi pada tren perjalanan layanan transportasi daring. Novita Sari, Consumer Communication Lead Uber Indonesia mengatakan, terjadi perubahan waktu dan lama perjalanan warga ibukota selama bulan Ramadan.

"Waktu perjalanan mengacu pada perubahan waktu ketika pemesanan Uber mencapai titik tertinggi," jelas dia dalam keterangannya, Minggu (4/6/2017).

Dia menyebut, waktu pemesanan transportasi daring tertinggi yaitu pada pukul 07.00 sampai 08.00 WIB dan pukul 16.00 WIB.

Lama perjalanan mengacu pada waktu yang dihabiskan seseorang di jalan selama bulan Ramadan. "Yaitu perjalanan lebih lama 5 menit pada pukul 3-5 sore untuk jarak tempuh 8 kilometer di pusat kota," dia menuturkan.

Di luar bulan Ramadan, puncak permintaan Uber pada hari kerja adalah sekitar pukul 08.00 WIB. Sementara selama Ramadan puncak permintaan ini bergeser menjadi lebih pagi dan lebih panjang, yakni pukul 07.00 hingga 09.00 WIB pada hari kerja.

"Hal ini mungkin merefleksikan pola aktivitas masyarakat yang bangun lebih pagi untuk sahur dan salat subuh langsung berangkat daripada kembali tidur. Sebagian perusahaan juga mungkin memulai waktu kerja lebih pagi," ungkap Novi.

Sedangkan pada sore hari, waktu yang paling populer untuk memesan Uber adalah pukul 16.00 WIB, yang mungkin merefleksikan pola aktivitas masyarakat yang memulai perjalanan sore hari lebih cepat untuk mengejar waktu berbuka puasa.

Sedangkan untuk lama perjalanan, pada Ramadan, perjalanan pada hari kerja sekitar pukul 15.00 sampai 17.00 WIB menjadi lebih lama. "Dengan penambahan waktu sebanyak 5 menit untuk perjalanan sepanjang 8 kilometer di pusat kota," jelas dia.

Adapun kecepatan rata-rata perjalanan terendah di Jakarta pada hari kerja di luar bulan Ramadan terjadi pada pukul 17.00 WIB, dengan kecepatan rata-rata 15 km/jam. Khusus di pusat kota adalah 12 km/jam. Sementara kecepatan terendah terjadi pada pukul 16.00 wib.

"Menariknya, selama Ramadan pada jam-jam lain (di luar pukul 4 sore) rata-rata kecepatan perjalanan cenderung sedikit meningkat. Hal ini konsisten dengan laporan yang disampaikan oleh waze pada 2014 yang menyatakan bahwa kecepatan perjalanan cenderung meningkat selama Ramadan, sebelum pukul 4 sore," dia menandaskan.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • Uber Technologies Inc adalah sebuah perusahaan multinasional asal Amerika yang bergerak di bidang transportasi.
    Uber Technologies Inc adalah sebuah perusahaan multinasional asal Amerika yang bergerak di bidang transportasi.

    Uber

  • bulan ramadan