Sukses

2 Juta Pemudik Diprediksi Lintasi Tol Tangerang - Merak

Jumlah tersebut meningkat 6,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 1.8 juta kendaraan.

Liputan6.com, Tangerang - Volume kendaraan pemudik yang melintas di Jalan Tol Tangerang-Merak pada H-10 hingga H+10 Lebaran tahun ini, diprediksi akan mencapai 2 juta. Jumlah tersebut meningkat 6,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 1.8 juta kendaraan.

Mengatasi hal tersebut, PT Mandala Margasakti (MMS) mengaku sudah mengantisipasinya. Termasuk penghentian sementara pengerjaan konstruksi penambahan lajur yang saat ini masih dikerjakan di ruas Bitung-Cikupa.

"Total juga ada penambahan gardu yang difungsikan, total ada 89 unit gardu tol. 21 di antaranya adalah GTO," kata Direktur Teknik dan Operasi Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak Sunarto Sastrowiyoto saat sosialisasi layanan Lebaran 2017 di Karawaci, Tangerang, Banten, Kamis 1 Juni 2017.

Pihaknya memprediksi, puncak arus mudik akan jatuh pada H-3 dan H-2 atau jatuh pada 22-23 Juni 2017. Kemudian arus balik dan arus wisata diprediksi jatuh pada H+2 hingga H+6.

"Mengingat Banten memiliki lokasi wisata yang tiap tahun laris manis dikunjungi warga dari atau luar Banten, seperti Pantai Anyer, Carita atau yang mau ke ujung Banten," tutur Sunarto.

Untuk itu, operator jalan tol ini juga sudah mempersiapkan skema bilamana lalu lintas merayap atau bahkan padat pada saat memasuki puncak arus mudik. Misalnya saja dengan rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan bila terjadi kepadatan.

Seperti buka-tutup dan pengalihan exit tol di beberapa tempat yang biasanya tahun ke tahun padat. Antara lain di Exit Tol Cikupa, Serang Timur, Cilegon Timur dan Merak.

Kemudian ada juga fasilitas pendukung untuk para pemudik, seperti bengkel siaga dan pos kesehatan yang ada di tiap rest area sepanjang tol, hingga penambahan variable message sign (VMS) menjadi 13 unit dari sebelumnya hanya 10 unit. Selain itu, kamera pemantau (CCTV) juga ditambah menjadi 77 unit dari sebelumya 65 unit.

Pengelola Tol Tangerang-Merakl juga berkoordinasi dengan Satuan Lintas Polda Banten, Dishub Banten serta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk kelancaran mudik tahun ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.