Sukses

Agar Kuat Puasa, Lansia Baiknya Hindari Minuman Ini Saat Sahur

Agar lansia terhindar dari dehidrasi dan kuat berpuasa, sebaiknya hindari minum minuman seperti kopi atau teh saat sahur.

Liputan6.com, Jakarta Puasa Ramadan wajib dijalankan oleh umat muslim. Namun, umat muslim dengan kondisi tertentu seperti diabetesi atau individu yang telah lanjut usia perlu memperhatikan asupan makanan dan cairan tertentu agar tetap sehat selama berpuasa.

Agar lansia terhindar dari dehidrasi dan kuat berpuasa, sebaiknya hindari minum minuman seperti kopi atau teh saat sahur. Konsumsi teh atau kopi akan memancing reaksi urine keluar karena dua jenis minuman tersebut bersifat diuretik. Ini akan mengakibatkan Anda cepat haus dan lemas.

Pakar Geriatri dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM Dr. Purwita, Sp.PD-KGer memberikan kiat bagi lansia agar tetap kuat berpuasa serta terhindar dari dehidrasi.

Dokter Purwita menyarankan lansia minum air putih secara cukup, sekitar 8-10 gelas per hari. Menurutnya, konsumsi cairan per hari bagi lansia pada umumnya sama pada orang dewasa. Namun, ia memberikan contoh minum air saat puasa sebagai berikut:

1 gelas saat bangun sahur
1-2 gelas saat makan sahur
1 gelas saat berbuka
1-2 gelas saat makan malam
1-2 gelas setelah sholat tarawih
1-2 gelas s/d menjelang tidur malam

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.