Sukses

Tak Terima THR Buat Lebaran, Berikut Cara Menyiasatinya

Sayangnya, tidak semua orang mendapatkan uang tambahan belanja Lebaran tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Momen pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu para pekerja di Indonesia.

Sayangnya, tidak semua orang mendapatkan uang tambahan belanja Lebaran tersebut. Para pekerja sektor informal dan freelancer adalah kalangan orang yang tidak kebagian THR.

Namun, bukan berarti Lebaran kali ini jadi kurang menyenangkan karena tidak dapat membeli berbagai macam kebutuhan hari raya. Semua keperluan mulai dari tiket mudik bisa dibeli dengan sejumlah trik berikut ini seperti dikutip dari www.cekaja.com:

1.Gunakan dana darurat

Emergency fund atau dana darurat bukan cuma bisa digunakan untuk keperluan yang berkaitan dengan risiko finansial seperti kecelakaan, sakit atau kehilangan pekerjaan.

Kebutuhan yang sifatnya wajib dipenuhi seperti tiket mudik atau pakaian Lebaran anak juga bisa dibiayai dari pos dana darurat. Namun ingat, jangan habiskan semuanya. Tetap sisihkan sebagian untuk keperluan lain yang bisa saja terjadi di hari depan.

2. Gunakan kartu kredit untuk belanja

Anggap saja fasilitas pembiayaan kartu kredit sebagai uang pengganti THR. Namun ingat, Anda harus cermat menggunakannya agar tidak membebani keuangan setelah Lebaran. P

ertanyaannya kenapa memilih kartu kredit untuk belanja keperluan Lebaran? Sebab Anda bisa mendapatkan promo pada kartu kredit milik seperti diskon untuk belanja pakaian, bahan makanan hingga tiket mudik Lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gadai Barang

3. Gadai barang untuk sementara

Meski tidak memperoleh THR berhubung status sebagai freelancer, Anda tetap dapat berlebaran kok. Caranya mencairkan dana melalui pegadaian.

Anda bisa pilih barang berharga yang mudah digadaikan seperti emas, kendaraan bahkan elektronik untuk mendapatkan suntikan uang segar untuk berhari raya.

Akan tetapi ingat, selalu gunakan jasa pegadaian resmi agar barang yang Anda gadai aman dan mendapatkan bunga pinjaman yang tidak mencekik leher.

4. Ikut kuis Ramadan

Tanpa modal sekalipun, sebenarnya Anda bisa mendapatkan uang tambahan sebagai THR Lebaran. Salah satu caranya dengan mengikuti kuis.

Saat bulan puasa, banyak sekali acara televisi, radio bahkan website di internet yang mengadakan kuis. Nah, biasanya kuis ini memberikan hadiah yang bisa dibilang cukup menggiurkan.

Apalagi kalau bulan puasa, hadiah yang diberikan kepada penonton akan lebih banyak dan biasanya memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding biasanya. Kalau tidak ingin repot, ikuti saja kuis di televisi saat sahur atau saat berbuka puasa.

Acara-acara tersebut biasanya mengadakan kuis yang bisa diikuti hanya dengan menjawab pertanyaan mudah via telepon. Mulai dari uang jutaan rupiah hingga tiket pergi umroh bisa  didapatkan. (Ahm/Ndw)

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.