Sukses

Antisipasi Pemudik, Pertamina Banten Siapkan BBM 2,8 Juta Liter

Pertamina memperkirakan konsumsi Premium, Pertamax dan Pertalite mengalami peningkatan 20 persen hingga 30 persen.

Liputan6.com, Cilegon - PT Pertamina (Persero) menyiapkan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) 2,8 juta liter selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2016. Stok BBM tersebut khusus untuk wilayah Cilegon, Banten. 

"Per hari kami siapkan total 2,8 juta liter. Jumlah tersebut naik kurang lebih 15 persen jika dibandingkan dengan konsumsi di hari biasa," jelas General Manager Marketing Operation III Pertamina Jumadi, seperti ditulis Minggu (3/7/2016).

Ia melanjutkan, stok yang disiapkan pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun lalu. Pada tahun ini, Pertamina juga menyiapkan stok Pertalite yang merupakan produk baru. Sedangkan untuk Solar, Pertamina menurunkan jumlah stok.  "Tangki Solar kami alihkan untuk mengangkut Pertamax, Pertalite dan Premium." kata dia. 

Pertamina menyiapkan stok Premium kurang lebih 1,3 juta liter per hari. Untuk Pertamax dan Pertalite, perusahaan BUMN tersebut menyiapkan kurang lebih 450 kilo liter per hari. Sedangkan untuk Solar, stok yang disiapkan 400 kilo liter per hari.

Jumadi memperkirakan, konsumsi Premium, Pertamax dan Pertalite akan mengalami peningkatan hingga 30 persen.  Sedangkan Solar turun sampai 50 persen.

"kami penuhi stok di terminal BBM. Kami penuhi juga stok di SPBU, karena permintaan konsumen dan SPBU meningkat. Pengalaman menunjukkan, permasalahan ada di potensi macet, jadi kami taruh mobil tangki di SPBU yang bertugas mengisi spot di sekitar SPBU itu. Jadi pasokan SPBU lebih terjamin," terangnya.

Spot dimana tangki BBM tersebut berada atau biasa disebut dengan SPBU Kantong tersebut diletakkan di beberapa lokasi, seperti SPBU di dekat Gerbang Tol Cilegon Barat dan di SPBU Anyer yang bertugas memasok BBM bagi SPBU di sekitarnya.

"Kalau mobil tangki SPBU Kantong kosong, kita siapkan mobil pemasok, kapasitas 24 ribu liter," tegasnya.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini