Sukses

Ini Langkah Telkomsel Hadapi Lonjakan Trafik Jelang Lebaran

Untuk menghadapi peningkatan trafik data hingga 2.709 TB atau kenaikan 79 persen, Telkomsel meningkatkan kualitas jaringan.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel memprediksi trafik data pada puncak Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun 2016 diperkirakan mencapai 2.709 terabyte atau naik 79 persen dibanding tahun lalu.

Sedangkan trafik layanan suara diperkirakan 1,57 miliar menit atau naik 11,1 persen dibandingkan tahun 2015. Berbeda dengan layanan data dan suara, trafik SMS diprediksi hanya menembus 927 juta SMS per hari atau turun 3,3 persen.

Menghadapi lonjakan seperti prediksi di atas, anak usaha Telkom itu melakukan peningkatan kualitas jaringan selama masa mudik dan Idul Fitri.

Operator pelat merah ini mengidentifikasi, ada 809 titik tersibuk atau POI (point of interest) di bandar udara, terminal bus, stasiun kereta api, dermaga, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional, dan pusat perbelanjaanl. Lokasi ini diperkirakan mengalami lonjakan komunikasi yang sangat tinggi saat Ramadan dan masa Idul Fitri.

Untuk itu, Telkomsel menyiagakan sebanyak 76 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data. 

Tak hanya itu, untuk optimalisasi kualitas jaringan, anak usaha Telkom ini membangun 623 base transceiver station (BTS) baru dan memodernisasi 486 BTS. Telkomsel juga memperbarui 1.052 BTS serta 75 base station controller (BSC) dan radio network controller (RNC).

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan kualitas jaringan merupakan prioritas utama Telkomsel dalam menghadirkan layanan bagi para pelanggan terutama pada periode mudik Lebaran.

"Oleh karena itu, sejak jauh hari kami ingin memastikan seluruh layanan berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan di berbagai jalur dan lokasi yang akan dipadati pemudik maupun wisatawan," kata Ririek melalui keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (28/6/2016).

Sedangkan dari sisi pelayanan, seperti tahun sebelumnya Telkomsel akan menghadirkan posko mudik di lokasi POI yang telah diidentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga.

Telkomsel juga tetap memfungsikan sebanyak 412 GraPARI, 392 Mobile GraPARI, 40 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 464 Branch Office selama masa Ramadan dan lebaran.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini