Sukses

Ini Fasilitas bagi Pemudik di Terminal Kalideres

Bus-bus antar kota antar provinsi pun sudah diuji coba. Hampir 90 perusahaan otobus (PO) sudah memperbaiki kerusakan.

Liputan6.com, Jakarta - Para pemudik mulai memadati Terminal Kalideres, Jakarta Barat hari ini atau H-10 Lebaran 2016. Mereka umumnya bekerja sebagai buruh serabutan.  

"Saya cuma kuli bangunan di sini, jadi enggak apa-apa mudik duluan," ujar Mahfud, pemudik asal Jambi di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Senin (27/6/2016).

Selain bebas dan tak terikat pekerjaan, pria 32 tahun itu juga punya alasan mudik lebih awal. Ia tak ingin terjebak kemacetan dan mengantre saat menyeberang Selat Sunda.

Sementara, Terminal Kalideres sendiri siap menghadapi pemudik Lebaran 2016. Sejumlah fasilitas telah disiapkan, antara lain ruang tunggu penumpang, ruang istirahat pengemudi, dan rambu petunjuk arah.

"Ada juga empat posko, seperti posko pengamanan terpadu, posko kesehatan umum, posko tes urine, dan posko pengujian kendaraan bermotor," papar Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain.

Bus-bus antar kota antar provinsi pun sudah diuji coba. Hampir 90 perusahaan otobus (PO) sudah memperbaiki kerusakan yang ditindak Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat. Penindakan itu seperti teguran, tilang, hingga mengandangkan bus.

"Kerusakan seperti Apar (alat pemadam api), segitiga pengaman, pemecah kaca, kotak P3K, sabuk pengaman sopir, dan melebihkan kursi penumpang masih sering ditemukan," jelas Revi.

Kerusakan dan kekurangan alat keselamatan bus menjadi faktor berbahaya bagi penumpang. Karena itu, bus-bus antar kota yang tak lulus uji itu tak diberikan stiker angkutan Lebaran dan dilarang beroperasi.



**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.