Sukses

Manfaat Puasa bagi Penderita Penyakit Kronis

Puasa tak hanya bermanfaat bagi orang yang secara fisik terlihat sehat. Sebab, puasa juga bisa memulihkan penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Puasa tak hanya bermanfaat bagi orang yang secara fisik terlihat sehat. Sebab, puasa juga bisa memulihkan penyakit.

Hal ini pernah diteliti oleh para ilmuwan dari University of Southern California. Mereka menemukan seseorang yang puasa minimal tiga hari bisa membantu regenerasi sistem kekebalan tubuh.

Menurut ilmuwan, puasa sangat bermanfaat bagi orang yang menderita sistem kekebalan tubuh yang rusak, seperti pasien kanker kemoterapi.

"Kelaparan akan memicu sel induk yang memproduksi sel darah putih baru, yang melawan infeksi," kata peneliti, seperti dikutip Telegraph, Rabu (15/6/2016).

Profesor of Gerontology dan Biological Sciences di University of California, Valter Longo, mengatakan tidak masalah jika sel induk terus berkembang biak dan membangun kembali sistem tubuh. Karena dengan begitu, tubuh akan menyingkirkan bagian-bagian dari sistem yang mungkin rusak atau tua selama puasa.

"Sekarang, jika sistem Anda tua atau rusak berat akibat kemoterapi atau penuaan, puasa-lah yang memberikan sistem kekebalan tubuh yang baru," katanya.

Dalam uji coba studi, para peneliti meminta sejumlah pasien untuk puasa secara teratur selama dua dan empat hari selama enam bulan. Mereka menemukan, puasa bisa mengurangi enzim PKA, yang terkait dengan penuaan dan hormon yang meningkatkan risiko kanker dan pertumbuhan tumor.

"Ketika lapar, sistem tubuh mencoba untuk menghemat energi, dan salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mendaur ulang banyak sel-sel kekebalan tubuh yang tidak diperlukan. Ini sebabnya puasa selama 72 jam juga akan melindungi pasien kanker terhadap dampak racun dari kemoterapi," kata Longo.

"Hasil penelitian ini juga menunjukkan, puasa dapat mengurangi efek samping berbahaya dari kemoterapi," kata Assistant professor of clinical medicine di Pusat Kanker USC Norris Comprehensive, Tanya Dorff.

Kendati demikian, kata Dorff, puasa yang dijalani pasien kanker sebaiknya hanya dilakukan di bawah bimbingan dokter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini