Sukses

Simak Gaya Arsitektur 3 Masjid Cheng Ho yang Memukau

Campus CJ, Jakarta- Banyak bangunan masjid di Indonesia yang arsitekturnya dipengaruhi oleh kebudayaan Tionghoa. Salah satu bangunan masjid berarsitektur Tionghoa itu adalah Masjid Cheng Ho.

Nama Cheng Ho ini ditujukan sebagai bentuk penghormatan kepada salah satu laksamana China yang dalam perjalanannya di kawasan Asia Tenggara bukan hanya berdagang, tetapi juga menyebarkan agama Islam. Sesuai dengan nama masjidnya, bangunan bergaya etnik China sangat kental sebagai arsitekturnya.

Berikut rangkuman tiga Masjid Cheng Ho yang berada di Indonesia :

1. Masjid Muhammad Cheng Ho - Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya diresmikan 28 Mei 2003 oleh Prof. Dr. Said Agil Husin Al Munawar. MA. Masjid ini berbalut warna merah, kuning, dan hijau yang menghiasi bangunan yang bergaya klenteng.

Bangunan masjid ini dipadukan dengan arsitektur dari China, Arab, dan Jawa lokasinya berada di Surabaya, tepatnya di Jalan Gading, Kecamatan Genteng, Surabaya. Masjid ini didirikan oleh PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia).

Bangunan masjid ini dibuat untuk mengenang Laksamana Cheng Ho yang beragama Islam. Di sisi kanan masjid terdapat relief perjalanan Laksamana Cheng Ho bersama armada kapalnya yang digunakan untuk mengarungi Samudera Hindia.

Pembangunan masjid ini sebagai bentuk penghormatan kepada diplomat muslim Tionghoa yang dikenal dengan diplomasi silaturahimnya. Selain itu relief ini juga memiliki pesan agar muslim Tionghoa tidak risih dan sombong.

2. Masjid Cheng Ho - Purbalingga

Berdirinya Masjid Jami Cheng Ho Purbalingga merupakan prakasai dari PITI atau Persatuan Islam Tionghoa Indonesia. Ciri khas masjid yang diresmikan pada Juli 2011 ini adalah bentuk bangunan yang merupakan perpaduan arsitektur khas China dan Jawa Islam.

Bentuknya mirip kelenteng, tak ada kubah seperti masjid pada umumnya. Bangunannya banyak di hiasi ukiran dan pernak pernik ala China seperti lampion merah. Warga muslim memanfaatkan masjid ini sebagai tempat berkumpul sekaligus menyiarkan dakwah dan pendidikan Islam.

3. Masjid Cheng Ho - Palembang

Masjid Cheng Ho Palembang yang bernama asli Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang adalah masjid bernuansa muslim Tionghoa yang berarsitektur China, Arab dan Palembang (Melayu) yang berlokasi di perumahan Amin Mulia, Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan.

Berdirinya Masjid Cheng Ho Palembang diprakasai oleh para pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumsel dan tokoh masyarakat Tionghoa di sekitar Palembang. Masjid ini tidak hanya untuk tempat ibadah saja, tetapi juga untuk kegiatan kemasyarakatan dan tempat tujuan wisata dari masyarakat Indonesia bahkan luar Indonesia.

Penulis:

Fikri Fauzan - Universitas Budi Luhur
Mahasiswa Jurusan Broadcast Journalism

Instagram:

@FikryFauzzan

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.