Sukses

Jemaah Naqsabandiyah Kota Padang Sudah Berpuasa Hari Ini

Pada Jumat malam, dia dan pengikut Naqsabandiyah lainnya sudah mulai melaksanakan salat tarawih.

Liputan6.com, Padang - Jemaah pengikut Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Sumatera Barat, sudah memulai puasa Ramadan 1437 Hijriah pada Sabtu ini.

"Musala kami menetapkan satu Ramadan hari ini," kata Ummi Elli, salah satu pengikut tarekat itu seperti dikutip Antara, Sabtu (4/6/2016).

Pada Jumat malam, dia dan pengikut Naqsabandiyah lainnya sudah mulai melaksanakan salat tarawih. "Kami hanya mengikuti apa yang telah ditetapkan ustaz di musala," kata Elli.

Dia mengetahui bahwa kebanyakan umat Islam di Indonesia belum memulai puasa hari ini dan pemerintah baru akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal Ramadan pada Minggu besok.

Namun, dia mempercayai perhitungan yang dilakukan oleh kelompok pengajiannya dan memilih mengikuti mereka. "Tarekat kami memiliki perhitungan tersendiri, kami mempercayainya," kata Elli.

Anggota jemaah yang lain, Ujang Komar mengatakan kelompoknya punya kaidah sendiri dalam menetapkan awal bulan Ramadan.

"Kami menghitung berdasarkan ilmu perbintangan sehingga perhitungan jatuhnya satu Ramadan, satu Muharam dan 9 Zulhijah berdasarkan hisab," kata dia.

Namun, dia menghormati keputusan umat Islam lain yang belum melaksanakan puasa. "Memiliki keyakinan berbeda biasa saja, kami menghormati perbedaan tersebut," ujar Ujang.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Padang Japeri Jarap meminta warga menghormati perbedaan dalam penentuan awal Ramadan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini