Sukses

Tips agar Penderita Maag Tetap Nyaman Saat Puasa

Bagi umat muslim yang menderita maag perlu mencermati asupan makanan selama beribadah puasa agar tetap nyaman beribadah.

Liputan6.com, Jakarta Dalam hitungan hari umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh. Namun bagi umat muslim yang menderita maag perlu mencermati asupan makanan selama beribadah puasa.

Penderita maag dianjurkan menghindari makanan yang berpotensi memperparah gejala maag, seperti makanan dan minuman yang banyak mengandung serat dan gas.

Jenis sayuran yang harus dihindair penderita maag selama puasa adalah sawi dan kol, buah nangka serta pisang ambon. Praktisi dari Kesehatan FKUI, Dr Ari Fahrial Syam menambahkan, makanan berserat seperti kedondong buah yang dikeringkan, dan minuman bersoda juga perlu dihindari.

Selain itu, makanan yang bisa memicu produksi asam lambung berlebih seperti kopi, minuman yang mengandung 5-20 persen alkohol, angggur putih, buah sitrus, dan susu full cream juga penting untuk dihindari.

Sebaliknya, para penderita maag disarankan untuk mengonsumsi minuman manis dan tiga butir kurma saat berbuka puasa. Dan sholat Maghrib lebih dulu sebelum menyantap makan besar dan memperhatikan jumlah serta jenis makanan yang dikonsumsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini