Sukses

Top 5 Ramadan: Perayaan Lebaran di Negara Lain Paling Disukai

Perayaan Lebaran di negara lain ini menarik minat pembaca Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Idulfitri tak hanya berlangsung di Indonesia. Umat Muslim di negara lain ikut merayakan Hari Kemenangan Ini. Seperti di Hong Kong, Taiwan dan Beijing, negara-negara di mana mayoritas warganya beragama non Muslim.

Perayaan Lebaran di negara lain ini menarik minat pembaca Liputan6.com. Selain itu berita paling dicari adalah seputar mudik. Berikut daftar lengkapnya, Minggu (19/7/2015):

1. Begini Suasana WNI Salat Id di Hong Kong, Taiwan, dan Beijing

Ribuan warga negara Indonesia (WNI) memadati Taman Victoria, di kawasan Causeway Bay, Hong Kong, untuk melaksanakan salat Idulfitri 1436 Hijriah.

Asosiasi Islam Tiongkok dan Islamic Union of Hong Kong menetapkan 1 Syawal 1436 Hijriah jatuh pada hari ini, Sabtu (18/7/2015). "Kami telah mendapat izin untuk menggelar salat Idulfitri," kata Konsul Jenderal RI di Hong Kong Chalief Akbar Tjandradiningrat di Hong Kong.

2. Tol Jakarta-Cikampek Padat Mulai Pukul 07.00 WIB

Hari kedua Lebaran pada Sabtu ini masih dimanfaatkan pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya. Terbukti beberapa ruas jalur ke luar kota masih terpantau padat.

"Hal itu terlihat dari pantauan CCTV yang kami sebar di sepanjang jalur tol Jakarta-Cikampek," kata petugas Sentra Komunikasi Jasa Marga tol Jakarta-Cikampek, Chairul, di Bekasi, Sabtu (18/7/2015).

3. Cicalengka-Nagreg dan Cianjur-Bandung Padat Merayap

Arus balik mudik Lebaran memang belum terlihat ramai di beberapa jalur ataupun jalan tol di Jawa Barat. Namun beberapa jalur transportasi darat di Jabar pada hari kedua Lebaran tampak padat.

Di jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, misalnya. Pengendara sepeda motor mengaku jarak tempuh laju kendaraannya dari Parakan Muncang atau Jalan Raya Cicalengka menuju Nagreg, Kabupaten Bandung, hampir 1 jam akibat kepadatan arus kendaraan di jalur selatan Jabar itu.

4. Lezatnya Sekubal Disantap Saat Lebaran

Merayakan Hari Raya Lebaran 1 Syawal 1436 H, banyak warga di Lampung menyajikan sekubal. Sajian ini merupakan makanan khas Lampung yang selalu disajikan saat Lebaran. Sekubal terbuat dari beras ketan yang dikukus dengan santan, lalu dibungkus daun pisang atau daun kelapa (janur).

5. Jalur Bogor-Sukabumi Padat, Ini Alternatifnya

Banyaknya warga yang ingin berwisata pada hari kedua Lebaran membuat volume kendaraan meningkat di jalur Bogor-Sukabumi, Jawa Barat. Pantauan Liputan6.com, ribuan kendaraan baik roda dua maupun roda empat sudah mengular hingga 2 kilometer di jalur Bogor-Sukabumi.

Kepadatan terjadi di beberapa titik seperti di Perempatan Ciawi, Pasar Caringin, dan Turunan Cimande. Kepadatan diperparah dengan adanya proyek pembangunan jalan Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang berada di Kecamatan Caringin.

(Nrm/Igw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini