Sukses

Alasan Lebaran Jatuh pada Jumat 17 Juli 2015

Lukman Hakim menyatakan hilal tersebut terlihat di sejumlah daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama menetapkan bahwa Idulfitri 1 Syawal 1436 Hijriah. Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin menyatakan ada alasan penetapan itu.

Lukman Hakim menyatakan hilal tersebut terlihat di sejumlah daerah. Di antaranya di Pelabuhan Ratu, hilal sudah berada pada 3,11 derajat.

"Posisi hilal maupun elokasi semuanya berada di atas kriteria yang dipegangi Indonesia," kata Lukman di gedung Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (16/7/2015).

Lukman mengungkapkan pihaknya telah mendapat laporan dari tim pemantau hilal di 4 daerah Indonesia. Laporan itu menyebut bahwa saksi yang disumpah itu telah melihat hilal.

Tempat tersebut ialah Bukit Condro Dipo, Gresik, Jawa Timur. Di lokasi itu, kata Lukman, 5 saksi telah melihat. "Dan mereka sudah disumpah oleh Pengadilan Agama di Gresik," ujar dia.

Lokasi lain, kata dia, Tanjung Kodok Lamongan, Jawa Timur. Hilal juga sudah terlihat di Bojonegoro, Jawa Timur. "Saksi di tempat ini adalah Camat. Dia juga sudah disumpah oleh pengadilan agama," ujar Lukman.

Tempat terakhir, terletak di Kepulauan Seribu. "Dengan adanya keempat itu, kita seluruh peserta sidang isbat menyepakati bahwa malam ini kita sudah memasuki 1 Syawal 1436 Hijriah," tukas Lukman. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini