Sukses

Ingin Membuat Sendiri Ketupat Lebaran, Begini Caranya

Citizen6, Jakarta - Memasak ketupat sudah menjadi tradisi di Indonesia, setiap hari raya Lebaran atau Idulfitri. Namun, banyak yang tidak pernah tahu bagaimana cara membuatnya. Alhasil, mereka lebih memilih membelinya di pasar.

Padahal, membuat ketupat adalah salah satu keterampilan yang diwariskan dari leluhur. Belajar membuat ketupat sebenarnya sangat mudah asal tahu triknya.

Bentuk ketupat ada banyak macamnya. Namun sekarang hanya sedikit yang kita kenal, yakni yang berbentuk jajaran genjang. Padahal Indonesia mempunyai beragam bentuk yang unik dan klasik.

Bentuk ketupat yang tidak biasa itu diantaranya, ketupat sari, ketupat geleng, ketupat sinto, ketupat sidapurna, ketupat bebek, ketupat gatep, ketupat tumpeng, ketupat jago, ketupat bata, ketupat bagea, ketupat pendawa dan ketupat sidalungguh.

Sungguh kreatif kan bangsa kita. Di era modern model ketupat lebih bervariatif, ada yang berbentuk binatang seperti kucing. Namun jenis ketupat ini dipakai untuk hiasan atau sebagai cinderamata.

Menurut sejarah, ketupat pertama kali dikenalkan Sunan Kalijaga di Jawa beberapa abad lalu.

Membuat ketupat gampang-gampang susah. Sebenarnya sangat sederhana, hanya perlu latihan dua-tiga kali langsung bisa. Semakin sering latihan semakin terampil kita membuatnya.

Yuk simak, berikut cara membuat ketupat yang paling sederhana:

1. Siapkan janur, daun kelapa yang masih sangat muda berwarna putih kekuning-kuningan. Gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan anda dengan posisi pangkal janur menghadap ke atas.

2. Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan anda sebanyak tiga kali. Namun kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.   

3. Buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun janur harus tetap dalam posisi tergulung.

4. Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi.

5.  Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti menganyam.

6. Teruskan anyaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.

7. Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa dianyam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat. (Karmin/Nrm)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini