Sukses

Pakai Lip Balm, Batalkah Puasanya?

Liputan6.com, Jakarta - Selain makan dan minum, ada beberapa hal lain yang dicemaskan umat Muslim dapat membatalkan puasanya. Bagi para wanita, kecemasan serupa muncul salah satunya jika mengenakan pelembab bibir (lip balm). Pasalnya, para wanita memang sering menggunakan lip balm saat bibir sedang kering karena kurang minum.

Menanggapi pernyataan tersebut, Grand Mufti, Islamic Affairs and Charitable Activities Department di Dubai, Ali Ahmed Mashael berusaha menjelaskan, hukum penggunaan lip balm saat sedang berpuasa.

"Mengenakan pelembab di bibir saat sedang berpuasa tidak akan membatalkan puasa seseorang tersebut. Pelembab bibir tidak membatalkan puasa kecuali pengguna merasakan rasanya," kata Mashael seperti dilansir dari Emirates247.com, Selasa (7/7/2015).

Meski demikian, dia menyarankan para wanita untuk menggunakan pelembab bibir di malam hari. Dari sudut pandangnya, para wanita sebaiknya menghindari kegiatan mewarnai bibir atau mengenakan parfum di saat berpuasa. "Tak hanya wanita, para pria juga sebaiknya menghindari hal itu saat berpuasa," tambah dia.

Selain itu, Mashael juga membahas para wanita yang lupa berapa kali dirinya batal berpuasa lantaran sedang haid. Menurut Mashael, dia tetap harus membayar puasa selama hari yang ditinggalkannya. "Jika tidak, bayar sesuai dengan hari yang Anda yakini saat itu Anda tidak berpuasa," tandas dia. (Sis/Nrm)