Sukses

Hati-hati, Ini Daftar Kejahatan yang Meningkat Selama Ramadan

Dua kategori kejahatan yang mendominasi Crime Index adalah aksi premanisme dan kejahatan jalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah, angka kriminalitas di wilayah Polda Metro Jaya meningkat. Berdasarkan Crime Index atau Indeks Kejahatan selama bulan Juni 2015, dua kategori kejahatan yang mendominasi adalah aksi premanisme dan kejahatan jalanan.

Ini diungkapkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Muhammad Iqbal kepada Liputan6.com di ruangannya, Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Kejahatan jalanan dapat digambarkan dengan pencurian kendaraan, pencurian dengan pemberatan (merusak sesuatu) dan pencurian dengan kekerasan (menyakiti korban).

Minggu ke pertama di bulan Juni, daerah kerawanan pertama di Jakarta Barat, kedua Jakarta Pusat, lalu ketiga Jakarta Timur.

Minggu kedua, titik kerawanan berubah lagi. Berdasarkan Crime Index, paling pertama Jakarta Barat, kedua Jakarta Timur dan ketiga Kota Depok. Kemungkinan titik kerawanan masih bisa berubah menjelang pelaksanaan Lebaran.

Adapun 6 aksi kejahatan yang marak terjadi selama Ramadan ini berdasarkan data Crime Index, yaitu:

1. Premanisme

2. Perampokan di Ruang Publik

3. Peredaran Uang Palsu 

4. Perampokan Mini Market dengan Modus Baru 

5. Pencurian Rumah Kosong

6. Hipnotis

(Aud/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini