Sukses

8 Juta Orang Kunjungi Masjidil Haram Selama 10 Hari Ramadan

Delapan stasiun telah diatur untuk pejalan kaki dan penumpang.

Liputan6.com, Jeddah - Imbalan pahala yang berlipat ganda bagi siapa saja yang salat di Tanah Suci nampaknya membuat Umat Muslim dunia berbondong-bondong mendatangi lokasi ibadah ini. Apalagi di momen Ramadan ini.

Terbukti, sebanyak 8 juta orang tercatat mengunjungi Masjidil Haram selama 10 hari pertama pelaksanaan Ramadan. Jumlah pengunjung ini naik 49 persen dibandingkan tahun lalu, menurut Departeman Haji dan Umroh Arab Saudi, seperti melansir laman Arabnews.com, Selasa (30/6/2015).

Direktur Direktorat Haji dan Umroh, Salah Saqr, mengatakan rencana kunjungan ini sudah melalui persetujuan dan diawasi Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal, yang juga merupakan Penasihat Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman.

Sebanyak 38 ribu kendaraan telah mengangkut pengunjung ke Tanah Suci, selama periode yang sama. Angka ini juga bertambah 25 persen lebih dari tahun lalu.

Delapan stasiun telah diatur untuk menjadi lokasi pengunjung. Di mana, 4,7 juta penumpang melalui Ajyad. Kemudian 8.632 melalui Bab Ali, 2.208 melalui Jabal Al-Ka'bah, 4874 melalui Raja Abdul Aziz Gate, 2.169 melalui Jaroul, 7993 melalui Ajyad Al-Sad, 1,12 juta melalui Shuaab Aamir dan 148.410 melalui Riya Bakhsh.

Saqr menuturkan, Komite Haji Sentral, yang diketuai Pangeran Faisal, menyetujui rencana angkutan di tahun ini.
Di mana, sebanyak 25 juta penumpang akan diangkut ke dan dari Masjidil Haram.(Nrm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.