Sukses

Pelabuhan Merak Tambah Loket Mudik dan Jembatan Penghubung

Selain menambah gang way, pihak ASDP juga sedang melakukan penambahan jumlah loket.

Liputan6.com, Cilegon - Jelang arus mudik Lebaran, ASPD Cabang Merak melakukan sejumlah perbaikan fasilitas untuk menghindari penumpukan penumpang. Salah satunya, dengan cara menambah gang way atau jembatan penghubung di tiap dermaga.

"Kita memperkirakan gang way ini selesai pada H-7 dan siap dioperasikan pada musim mudik nanti," kata Humas ASPD Merak Mario S Oetomo, Cilegon, Banten, Kamis (17/7/2014).

Dia berharap, dengan ditambahnya gang way ini, penumpang yang keluar dan menuju kapal tidak lagi berpapasan sehingga menyebabkan penumpukan penumpang.

Selain menambah gang way, pihak ASDP juga sedang melakukan penambahan jumlah loket. Tidak hanya loket pejalan kaki, tetapi juga loket untuk kendaraan bermotor juga akan ditambah.

"Loket untuk pejalan kaki yang biasanya berjumlah 8 loket, akan ditambah menjadi 13 loket. Sedangkan loket untuk sepeda motor akan ditambah jadi 10 loket. ASDP juga menyiapkan jalur kebutuhan khusus bagi penumpang berkebutuhan khusus dan kursi roda," tuturnya.

Penambahan jumlah loket ini diharapkan mampu mengurangi penumpukan penumpang yang terjadi setiap kali arus mudik datang.

Pihak ASDP Cabang Merak memprediksi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak akan terjadi pada H-3 dan H-2 Idul Fitri. "Jumlah penumpang diperkirakan akan mengalami peningkatan sebanyak 5 persen dibanding musim mudik tahun lalu," tandas Mario. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.