Sukses

Uniknya Menu Buka Puasa di 5 Negara

Salah satunya di Indonesia memiliki kekhasan menu buka puasa yaitu kolak pisang.

Citizen6, Jakarta Bulan Ramadan telah tiba. Bulan ini  seluruh umat muslim di seluruh dunia melakukan puasa selama satu bulan. Karena begitu istimewanya, para muslim menyiapkan menu khusus untuk berbuka puasa. Menu buka puasa yang enak pun selalu dinantikan selama bulan Ramadan.

Menu buka puasa di berbagai negara memiliki kekhasannya masing-masing. Salah satunya di Indonesia memiliki kekhasan menu buka puasa yaitu kolak pisang.  Di tiap negara mempunyai menu buka puasa yang khas.

Berikut negara-negara yang mempunyai menu khusus buat buka puasa:

1.    Mesir

Ful medames merupakan menu khas buka puasa dari negara yang beribukota Kairo. Sebagian umat Muslim di Mesir menikmati medames yang disajikan dengan kacang fava,  parsley, bawang putih, bawang bombay serta air lemon. Selain itu, medames juga dapat dinikmati dengan telur rebus. Biasanya medames dinikmati oleh masyarakat Mesir sebagai menu sarapan, tetapi selama bulan Ramadhan sebagai menu buka puasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Turki


 
2.    Turki

Turki merupakan salah satu negara dengan penduduk yang bermayoritas agama Islam memiliki menu khas buka puasa yaitu roti pide. Roti pide merupakan makanan tradisional dari turki yang terbuat dari tepung dan disajikan dengan berbagai topping. Restoran-restoran di Turki biasanya menyajikan 1 set menu buka puasa yang terdiri dari roti pide, sup iftariye,  pastirma, sujuk serta ragam kue yang disebut börek. Menu pencuci mulut yang terkenal  terbuat dari air mawar yaitu güllaç.

3 dari 5 halaman

Bangladesh


3.    Bangladesh


Bangladesh memiliki minuman yang khas untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa yaitu rooh afza yang terbuat dari konsentrat labu tanpa alkohol dan sorbet lemon. Menu buka khas Bangladesh yaitu Priyaji atau disebut juga Onion Pakoda. Priyaji terbuat dari kacang lentil, cincangan bawang dan cabai hijau. Masih terdapat berbagai menu khas lainnya untuk berbuka puasa di Bangladesh antara lain beguni, jilapi, muri, halim, tanggal, samosa, dal puri, dan chola.

4 dari 5 halaman

Pakistan


 
4.    Pakistan


Menu khas dari Pakistan yaitu Samosa. Samosa merupakan makanan pastry yang berbentuk segitiga yang memiliki rasa pedas. Samosa terbuat dari kentang pedas, bawang bombay cincang, kacang-kacangan, dan daging cincang. Selain itu, di Pakistan juga memiliki salad buah atau biasanya disebut Fruit chaat yang dibumbui dengan saus rempah-rempah. Fruit Chaat biasanya terdiri dari berbagai buah seperti pepaya, pisang, jeruk, apel, nanas, ataupun ubi manis yang biasanya dikukus terlebih dahulu.

5 dari 5 halaman

Maroko



5.    Maroko 

Makanan yang berasal dari Afrika Utara terbuat dari rebusan domba, chickpea, dan rempah-rempah yaitu harira. Harira merupakan sup tradisional ini memiliki kalori yang tinggi dan baik untuk berbuka puasa. Harira pun dapat disajikan dengan sayuran atau mie. Selain saat buka puasa, harira dapat disajikan saat sahur.
 
Penulis:

San san Hirando

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.  

Mulai 1 Juli sampai dengan 13 Juli Citizen6 mengadakan program menulis bertopik ke-15: Tempat Asyik Buat Ngabuburit berhadiah router dan merchandise cantik. Info detail di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini