Sukses


Jelang Penerimaan Mahasiswa Baru, Apartemen Mahasiswa Jadi Incaran

Liputan6.com, Jakarta Bulan Juni dan Juli setiap tahun, akan menjadi saat-saat tersibuk khususnya bagi jenjang Perguruan Tinggi (PT), karena pada periode ini adalah masa-masa penerimaan mahasiswa baru. Beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya, masih menjadi incaran calon mahasiswa dari luar daerah.  

Keberadaan perguruan tinggi negeri ternama serta perguruan tinggi swasta di kota-kota tersebut, menjadikan lulusan SMA dari luar daerah berebut untuk menimba ilmu di kampus-kampus yang ada. Yogyakarta misalnya, keberadaan UGM dan beberapa PT Swasta, sejak beberapa dekade sudah menjadi incaran calon mahasiswa.  

PT Negeri dikota lain pun telah menjadi incaran para lulusan SMA. Universitas Pajajaran dan ITB di Bandung, ITS dan Unair di Surabaya, serta Universitas Indonesia di Depok, merupakan beberapa perguruan tinggi yang selama ini dipilih para calon mahasiswa.  

Kedatangan ribuan calon mahasiswa setiap tahunnya, tentu memberikan multiplier effect yang langsung maupun tidak langsung terhadap roda perekonomian terhadap kota-kota tersebut. Yang paling terasa adalah melonjaknya permintaan hunian bagi mahasiswa. Nah, jika Anda tertarik untuk berinvestasi pada apartemen mahasiswa, simak aneka pilihan apartemennya di sini!

2 dari 4 halaman

Aspek Fasilitas Serta Keamanan Hunian Jadi Faktor Utama

Aspek kepraktisan, fasilitas, serta keamanan hunian, telah menjadi faktor utama bagi para mahasiswa serta orang tuanya dalam memilih tempat tinggal selama menempuh pendidikan. Perubahan tren hunian mahasiswa ini telah terbaca dan terantisipasi oleh para pengembang, dengan menghadirkan Apartemen Mahasiswa yang dibangun berdekatan dengan kampus.

Kawasan Depok misalnya, tepat berada disisi Universitas Indonesia, telah berdiri 3 tower Apartemen Grand Taman Melati Margonda II yang dikembangkan oleh PT Adhi Persada Properti. Pulung Prahasto, Direktur Teknik dan Pengembangan Usaha PT Adhi Persada Properti mengatakan, “Mahasiswa adalah potensial market yang besar, dan tidak akan habis. Hal ini dikarenakan, pendidikan akan terus berkembang, dan mahasiswa membutuhkan tempat tinggal. 

Kondisi inilah yang pada awalnya melatarbelakangi APP, saat pertama kali mengembangkan Apartemen Mahasiswa. Dengan mengusung konsep “Apartemen Terbaik di Kampus Terbaik” APP telah mengembangkan beberapa apartemen mahasiswa di beberapa kota yang ada Perguruan Tinggi Negeri.  

Anak usaha PT Adhi Karya (Persero) ini selama ini memang dikenal sebagai pengembang yang menggarap segmen apartemen Mahasiswa. Beberapa project yang sudah siap huni antara lain Grand Taman Melati Margonda II di Depok, Taman Melati Surabaya MERR, Taman Melati Sinduadi di Yogyakarta, dan Taman Melati Jatinangor di Sumedang.

3 dari 4 halaman

Apartemen Dekat Kampus Lebih Unggul

Elvira Wigati, Project Director Grand Taman Melati Margonda II mengatakan, “Kami optimis, menjelang dimulainya tahun ajaran baru nanti, unit yang tersisa akan terserap”. Ketertarikan calon mahasiswa untuk tinggal di Apartemen yang berada disisi Kampus Universitas Indonesia ini selain karena terdapat student centre, perpustakaan, serta fasilitas lain yang mendukung, aspek keamanan juga menjadi prioritas.  

Kerjasama yang dilakukan APP dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional, untuk memastikan bahwa hunian ini bebas narkoba, serta keamanan 24 jam yang disediakan, menjadikan orang tua mahasiswa merasa aman anaknya tinggal di apartemen ini selama menempuh pendidikan. Hal yang sama juga terjadi di Surabaya, dimana APP mengembangkan Apartemen Taman Melati Surabaya MERR yang berdekatan dengan Kampus Universitas Airlangga dan Institut Teknologi 10 Nopember (ITS).

Ahmad Syaiful Bahri, Project Director Taman Melati Surabaya MERR mengatakan, “Lokasi Apartemen yang dekat dengan kampus Unair dan ITS ini, menjadi salah satu keunggulan yang kami miliki. Dan menjelang tahun ajaran baru ini, terjadi peningkatan pembeli, yang tidak hanya dari mahasiswa dan orang tuanya, tapi juga dari kalangan investor.

4 dari 4 halaman

Respon Pasar Positif Terhadap Pengembangan Apartemen Mahasiswa

Setali tiga uang dengan di Surabaya, Apartemen Mahasiswa di Yogyakarta juga banyak diminati konsumen, baik itu end user maupun para investor. Apartemen Taman Melati Sunduadi di Yogyakarta dengan total unit sebanyak 899, telah terjual 95% Pengembang juga sudah melakukan serah terima tahap awal, dan sebagian unitnya sudah ditempati.  

Respon positif pasar terhadap pengembangan Apartemen Mahasiswa di Yogya, direspon oleh APP dengan mengembangkan Apartemen Dhika Univers Sarjito. Apartemen Mahasiswa yang baru dipasarkan dalam satu tahun ini, telah terjual sebanyak 35% dari total unit sebanyak 564 unit.  

Kehadiran pembeli dari kalangan investor, juga terjadi di Taman Melati Jatinangor di Sumedang. Apartemen yang berdekatan dengan kampus Universitas Pajajaran ini, akhir-akhir ini banyak diminati investor, yang melihat selain prospek menjadi apartemen mahasiswa, kawasan ini juga berpotensi menjadi tujuan wisata bagi wisatawan.  

Apartemen yang berhadapan dengan icon wisata kota sumedang yaitu “Jembatan Cincin” yang merupakan sebuah “national heritage” ini, memiliki total unit sebanyak 756 unit, dan saat ini sebagian besar penghuninya adalah mahasiswa.

Potensi Sumedang sebagai destinasi wisata dikarenakan semakin padatnya Kota Bandung. Situasi ini pun direspon positif oleh APP, dengan melakukan kerjasama dengan operator hotel, untuk menjadikan 138 unit Apartemen yang ada, akan dijadikan Hotel secara komersial.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah


Loading
Artikel Selanjutnya
Investasi Properti di Bekasi Semakin Menjanjikan
Artikel Selanjutnya
Adik Freddie Mercury Jual Apartemen Seharga Rp 81 Miliar, Minat Beli?