Sukses


Ir Ciputra: Manajemen HSE Penting Bagi Keberlangsungan Proyek Properti

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mencatat angka kecelakaan kerja di Indonesia cenderung terus meningkat.

Tahun 2015 terjadi kecelakaan kerja sebanyak 110.285 kasus, sedangkan tahun 2016 sejumlah 105.182 kasus, sehingga mengalami penurunan sebanyak 4,6%.

Sedangkan sampai Agustus tahun 2017 terdapat sebanyak 80.392 kasus. Sepanjang 2017 ada 123 ribu kasus kecelakaan kerja, dimana sekitar 30% terjadi di sektor konstruksi.

(Baca juga: Informasi properti secara komprehensif, mulai dari lokasi properti favorit konsumen, hingga ke harga hunian di Indonesia dalam Rumah.com Property Index!)

Menyadari pentingnya hal tersebut, maka sejak tahun 2015 Ciputra Grup melembagakan pelaksanaan Health, Safety & Environment management sebagai budaya kerja yang berkesinambungan dalam lingkup kerja proyek residensial PT Ciputra Residence, para kontraktor, serta seluruh mitra kerja strategis.

"Salah satu bukti dari keseriusan kami menerapkan standarisasi HSE di lingkungan perusahaan adalah bekerjasama dengan lembaga internasional International Finance Corporation (IFC), di samping menyenggaraan acara seperti ini secara rutin. Sehingga menjadikan Grup Ciputra sebagai perusahaan pelopor yang peduli terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) para pekerjanya," ujar pemilik perusahan Ciputra Grup, DR. (HC) Ir. Ciputra, dalam acara PT Ciputra Residence HSE Awards 2018.

 

2 dari 2 halaman

Angka Kecelakaan Kerja Menurun

HSE Management bertujuan tak lain adalah demi menekan angka kecelakaan kerja sekecil mungkin, bahkan hingga zero accident baik untuk proyek landed houses maupun high-rise building. 

Bagi grup, implementasi budaya HSE yang berkesinambungan tidak saja bermanfaat bagi perusahaan dalam jangka panjang. Tetapi juga sangat menguntungkan bagi para pekerjaan di lapangan.

(Ingin tahu apa yang menjadi kebutuhan konsumen properti saat ini? Temukan jawabannya dalam Riset Konsumen Properti di Rumah.com!)

Sementara itu Associate Director PT Ciputra Residence, Lalitya Ciputra Sastrawinata mengatakan, implementasi HSE Management yang dilakukan telah membuahkan hasil signifikan.

"Paling tidak dalam 3 tahun terakhir ini terjadi penurunan angka kecelakaan kerja yang cukup bagus. Bahkan di beberapa proyek kami, kecelakaan berhasil mencapai target zero accident," katanya.

Di samping itu, penerapan HSE Management turut berdampak positif terhadap prosedur kerja perusahaan, sehingga kualitas kerja di lapangan lebih terjamin.

"Kami menilai manajemen ini bukan sebagai biaya tambahan yang membebani keuangan proyek, tapi merupakan instrumen investasi perusahaan dalam memperlancar proses produksi," ia menambahkan.

(Butuh informasi lengkap seputar tata cara mengurus sertifikat tanah? Simak dan temukan jawabannya di Panduan Rumah.com!)

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah


REVIEW PROPERTY

Lihat Semua