Sukses


Perumahan Ramah Lansia, Siapa Menyanggupi?

Liputan6.com, Jakarta – Bagi orang tua yang sudah lanjut usia (lansia), aktivitas simpel sehari-hari bisa jadi sangat susah dan tidak nyaman. Hal ini karena keterbatasan fisik akibat usia lanjut yang tidak lagi memungkinkan mereka bergerak leluasa.

Meski demikian, keinginan untuk menjalani gaya hidup sehat tetap tinggi. Kondisi inipun seimbang dengan demand terhadap fasilitas kongko-kongko atau hangout bagi para lansia di sekitar perumahan.

Sayangnya, club seniors community di perumahan menengah atas kebanyakan tak ada bedanya dengan panti werda. Alhasil tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka tidak tercapai maksimal.

(Mau membelikan rumah untuk orangtua tercinta? Simulasikan dulu cicilan rumah incarannya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

Peduli akan hal ini, perumahan CitraGarden City yang berlokasi di Jakarta Barat menggandeng operator pengelola seniors communities asal negeri Kanguru (Australia), Living Well Seniors Communities, untuk mendirikan klub khusus bagi seniors citizen bernama Citra Premier.

Apalagi, dari hasil suvei yang dilakukan bersama, ada sekitar 50% warga CitraGarden City berusia di atas 50 tahun yang dapat digolongkan sebagai senior citizen (orang tua).

“Dari survei ditemukan, dalam seminggu rata-rata kelompok orang tua ini beraktivitas di luar rumah hanya 3 sampai 5 jam. Pada umumnya, saat weekend saja. Padahal mereka merindukan beraktivitas dan bersosialisasi,” kata Meiko Handoyo, Senior Director PT Ciputra Residence pengembang CitraGarden City.

(Cek Rumah.com Property Index untuk mencari tahu tren kenaikan harga rumah per kuartal di berbagai lokasi favorit)

Karena kesehariannya lebih banyak di rumah tanpa banyak aktivitas, hal ini berpotensi menyebabkan mereka mengalami penurunan kualitas hidup. Padahal jika memiliki kegiatan positif dan terus bersosialisasi di luar rumah, akan ada peningkatan baik dari sisi jasmani maupun rohani.

"Di Citra Premier, diharapkan warga senior dapat punya banyak kegiatan dan teman untuk diajak ngobrol. Mereka juga dapat melakukan banyak hal, seperti nonton bareng, baca buku, berolahraga, diskusi (ngobrol), dan lain sebagainya. Mereka melakukan aktivitas sama seperti waktu muda, sehingga di bawah alam sadar mereka merasa berguna,” jelas Benjamin Cass, President Director Living Well Seniors Communities.

(Agar transaksi pembelian rumah lebih nyaman dan aman manfaatkan jasa Agen Properti Profesional yang ada di Rumah.com)

Sementara itu Edwin Wardhana, General Manager CitraGarden City mengungkapkan, pengadaan klub bagi warga senior merupakan impian manajemen sejak lama dan diproyeksikan selesai tahun depan.

“Kami menyadari fasilitas khusus seperti ini sudah sangat dibutuhkan. Ini bukan usaha komersial. Kami ingin meninggalkan legacy yang baik ketika proyek selesai. Kami tidak hanya mementingkan penjualan rumah saja, tetapi sesuai moto Pak Ci (DR. HC. Ir. Ciputra), Ciputra Group membangun kota sekaligus membangun kehidupan,” katanya.

Karena itu, pengembang selalu memperhatikan kualitas kehidupan orang-orang yang tinggal di kawasan tersebut. Terutama orang yang membeli rumah sejak awal proyek ini dikembangkan, dimana sekarang ini sudah mencapai 3 generasi.

Manfaatkan event DealJuara, Pameran Properti Online Terbesar di Indonesia yang digelar Rumah.com mulai 20 Juli sampai 30 September 2018, dengan beragam penawaran menarik mulai dari DP 0%, cash back, gratis biaya KPR, hingga diskon Rp135 juta!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah


Loading
Artikel Selanjutnya
Industri Properti Melambat, Relaksasi Kebijakan BI Jadi Obat Mujarab
Artikel Selanjutnya
IIPEX 2019 di Jakarta Hadirkan Rumah Murah Sampai Rumah Mewah