Sukses


Tips Mengenali Agen Properti Profesional dan Terpercaya

Liputan6.com, Jakarta Mengenali agen properti profesional dan terpercaya sesungguhnya penting, terutama bagi Anda yang hendak membeli rumah atau malah mungkin berniat untuk menjual rumah. Dan hal ini tentu juga berguna bagi para agen properti sendiri.

Ya, penggunaan jasa agen properti kini menjadi pilihan yang kian populer. Agen properti atau istilahnya broker banyak dipercaya karena mereka sangat memahami pasar secara lebih luas serta siap terjun langsung ke lokasi. Pengetahuan mereka akan kisaran harga dan analisis pun tak perlu diragukan lagi. Anda pun jadi dapat banyak menghemat waktu, tenaga dan pikiran.

Tapi Anda pun bisa punya kemampuan yang sama jika menelusuri Rumah.com Property Index, di mana Anda bisa menggali informasi properti secara komprehensif, mulai dari lokasi properti favorit konsumen, hingga ke harga hunian baik perumahan maupun apartemen di Indonesia.

Sayangnya, masih ada orang yang mengganggap sulit untuk menemukan agen properti yang berkualitas; profesional dan terpercaya. Padahal sesungguhnya tidak sulit mendapati agen yang berkualitas.

2 dari 3 halaman

Penting Menemukan Agen yang Aktif

Di halaman Cari Agen di Rumah.com, misalnya, Anda bahkan dapat menjumpai agen properti dengan spesialisasi kawasan yang memahami perkembangan hingga pergerakan harga pada area spesialisasinya, agen properti dengan spesialisasi apartemen, dan lain sebagainya.

Dan untuk membantu Anda mengetahui dan menemukan agen yang tepat, dikutip dari Realestate.com.au, berikut adalah tips mengenali agen properti profesional dan terpercaya:

  • Aktif Berkomunikasi

Sebagai penjual ataupun pembeli rumah, Anda tentu akan kesulitan berhadapan dengan agen yang tidak dapat berkomunikasi secara baik. Seperti sifat dunia properti yang begitu sensitif terhadap waktu, sangat penting memiliki agen yang aktif memberikan informasi terbaru, seperti data relevan mengenai properti yang ingin Anda beli, atau calon pembeli potensial yang ingin membeli properti Anda.

Menurut Jean Gordon dari Estate Agent Stars, komunikasi yang minimal dari agen menjadi salah satu faktor frustasi terbesar bagi sebagian pengguna jasa mereka. Bahkan informasi ringan yang seringkali dianggap tidak penting bagi agen yang kawakan di bidangnya, bisa menjadi informasi yang sangat penting bagi klien yang baru mengetahui dunia real estate.

3 dari 3 halaman

Bisa Menjalin Hubungan Baik

  • Bersikap Proaktif

Menurut Ben Hatch dari Harcourts Real Estate di WA, agen yang baik seharusnya secara proaktif menghubungi pembeli potensial. Selain itu mereka juga menjalin hubungan baik dengan customer lama serta terus menambah jumlah leads baru. Elemen kunci dari menjadi proaktif ialah bagaimana caranya membuat klien merasa mendapatkan informasi yang cukup.

Jika para customer terus mengajukan pertanyaan, berarti agen kurang memberi informasi yang lengkap. Di menu Tanya Properti di Rumah.com, misalnya, banyak agen yang sangat proaktif menanyakan kebutuhan para pencari rumah atau tanah dan siap membantu Anda.

  • Pendengar yang Baik

Kebanyakan agen properti yang baik akan mengingatkan Anda untuk berhati-hati terhadap agen yang berbicara terlalu banyak, karena harusnya Anda-lah yang menjadi pihak yang lebih banyak berbicara.

Itulah beberapa tips mengenali agen properti profesional dan terpercaya. Untuk tips lengkapnya baca artikelnya hanya di Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah


Loading
Artikel Selanjutnya
Minat Pengembang Pakai Jasa Broker Properti Meningkat