Sukses


6 Kiat Beli Rumah Bekas

Liputan6.com, Jakarta Beli rumah bekas sebaiknya tidak bisa sembarangan. Ada langkah aman yang perlu diketahui mengingat kondisi fisik rumah bekas yang cenderung menurun. Apalagi harganya pun belum tentu lebih murah dibanding rumah baru, terutama di kawasan sunrise property.

Beberapa alasan tertentu yang sering dikemukakan orang atas pertimbangan beli rumah bekas memang masuk akal. Meski di satu sisi, beli rumah bekas artinya siap untuk berusaha merenovasi rumah.

Di samping itu, kebanyakan pemukiman dengan lingkungan tetangga yang terbentuk hanya bisa ditemukan pada rumah bekas. Rumah baru umumnya berlokasi di area baru yang lokasinya rata-rata berada di kota penyangga.

Berikut Rumah.com merangkum apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah bekas.

2 dari 3 halaman

Kondisi Fisik

Hal penting dalam membeli rumah bekas adalah memerhatikan kondisi fisik. Perhatikan tampilan luarnya, namun tampilan luar saja tak cukup.

Periksa kondisi dinding, lantai, saluran air, kayu jendela dan pintu, langit-langit, serta bukaan dan sirkulasi udara. Tanyakan juga usia bangunan tersebut. Biasanya, usia fisik bangunan berkisar 30 – 40 tahun. Di atas itu, bangunan sudah memerlukan renovasi besar-besaran.

Ajak serta teman atau keluarga yang mengerti seputar bangunan rumah, untuk memberi opini kedua.

Atau bila ingin prosesnya lebih mudah, bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa agen properti profesional. Daftarnya bisa dilihat langsung dalam halaman Cari Agen Rumah.com.

3 dari 3 halaman

Sumber Air

Air bersih merupakan kebutuhan pokok sehari-hari, sehingga kondisi air bersih di rumah penting diperhatikan. Cek sumber air. Lokasi sumur pompa idealnya berjarak 10 meter dari septic tank. Jika kurang dari 10 meter, ada kemungkinan air minum kurang layak konsumsi.

Bila sumber air berasal dari PAM, pastikan pemilik rumah tidak bermasalah dengan tagihan air.

Listrik

Periksa apakah daya listrik di rumah tersebut cukup untuk memenuhi segala peralatan elektronik. Jika dirasa tidak cukup, lakukan upgrade alias tambah daya secara online lewat pln.co.id. Informasi selengkapnya tentang tata cara tambah daya listrik bisa disimak di artikel ini.

Selain itu, pastikan instalasi kabel listrik dalam kondisi baik, untuk menghindari terjadinya korslet listrik yang dapat menyebabkan kebakaran.

Lalu apa lagi kiat yang perlu diperhatikan saat membeli rumah bekas? Simak ulasannya dalam Panduan di Rumah.com!