Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Lima Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Cicil Rumah

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang bilang membeli rumah memang harus sedikit dipaksakan. Sebab jika tidak, rumah tidak akan pernah terbeli sampai kapan juga. Kecuali, Anda memang punya uang banyak dan bisa beli rumah sesuka hati.

Dan jika Anda berencana untuk membeli rumah dalam waktu dekat, selain menyiapkan dana, ada baiknya siapkan diri agar tidak kewalahan ketika saatnya tiba. Pasalnya, membeli rumah tak hanya memerlukan uang, tetapi juga waktu, tenaga, dan pengetahuan.

  1. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Mengutip Rumah.com, jika saat ini Anda memiliki cicilan lain seperti kartu kredit atau mobil, pastikan Anda selalu membayarnya tepat waktu. Simak juga: Sampai Kapan Mau Ngontrak?

Dengan cara ini, Anda akan mendapat penilaian yang baik saar BI Checking.  Hal ini juga dapat membuat proses pengajuan pinjaman untuk kredit pemilikan rumah (KPR) menjadi lebih lancar.

  1. Cari Info Lengkap Mengenai Pinjaman

Lakukan riset tersendiri dahulu sebelum Anda ke bank atau ke institusi pembiayaan lain. Saat ini ada beberapa jenis pinjaman yang berada di pasar. Cari tahu juga mengenai prosesnya.

Anda bisa mencari informasinya melalui portal properti seperti Rumah.com, atau bertanya kepada keluarga, teman, pengembang, pakar pembiayaan, maupun agen properti profesional yang terdaftar dalam laman Cari Agen di Rumah.com.

2 dari 2 halaman

Tahap Selanjutnya

  1. Hindari Membeli Sesuatu yang Besar

Jika beberapa tahun lagi Anda berencana mengajukan pinjaman untuk membeli rumah, jangan mengajukan pinjaman lain! Tagihan seperti cicilan mobil atau properti lain untuk investasi akan membuat Anda kesulitan untuk membayar.

Selain itu, ketika analisis mengecek keuangan, permohonan pinjaman Anda akan terlihat tidak pantas, karena pengeluaran dianggap melewati batas jumlah pendapatan.

Baca juga: Bank KPR Dengan Suku Bunga Rendah Per Januari 2018

  1. Maksimal Tiga Pinjaman

Bank atau institusi pembiayaan yang ingin memberikan pinjaman biasanya ingin melihat Anda dapat menyeimbangkan semua tagihan dengan membayarnya tepat waktu.

Pastikan Anda hanya memiliki tiga pinjaman, seperti kartu kredit, kredit mobil, dan kredit rumah. Dengan begini analisis kredit akan yakin terhadap komitmen Anda dalam melunasi pinjaman.

(Hitung seberapa besar kemampuan Anda dalam mencicil rumah dengan Kalkulator Keterjangkauan di Rumah.com)

  1. Menabung untuk Down Payment (DP)

Biasakan diri Anda untuk mencicil setiap bulan. Sisihkan sebagian uang ketika tanggal gajian tiba sekaligus untuk menyiapkan dana uang muka (down Payment) rumah

Dengan cara ini, Anda tidak hanya menyiapkan diri secara finansial, karena biaya untuk sehari-hari otomatis menjadi berkurang, tetapi Anda juga sudah menyiapkan mental Anda untuk terbiasa disiplin membayar cicilan.

  1. Memahami Batas Kredit

Anda sudah mengerti untuk tidak membeli sesuatu yang besar selain rumah Anda nanti. enam bulan sebelum Anda mengajukan permohonan, pastikan seluruh cicilan sudah terbayar dengan baik.

Dua bulan sebelum waktunya tiba, berhenti menggunakan semua pinjaman kartu kredit Anda. Lebih baik gunakan uang tunai atau kartu debit jika Anda berencana membeli sesuatu.

Ingin segera punya rumah untuk keluarga tercinta? Simak ragam perumahan dan apartemen baru di berbagai kota di Indonesia dengan harga Rp300 juta – Rp1 miliar di sini.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah


Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Investasi Rumah Buat Pemula
Artikel Selanjutnya
Industri Properti Melambat, Relaksasi Kebijakan BI Jadi Obat Mujarab