Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Milenial 'Kekinian' Sudah Pandai Bisnis Properti

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang sepakat, bahwa tahun 2018 boleh jadi tahunnya generasi milenial. Kelompok usia yang lahir pada tahun 1980an hingga 2000, diprediksi bakal menjadi konsumen properti terbesar sampai 10 tahun ke depan.

Mengenai kecenderungan properti yang dibeli, generasi milenial lebih menyukai tinggal di apartemen dibanding rumah tapak, lantaran dinilai praktis dan sesuai dengan mobilitas tinggi mereka. Begitupun yang dirasakan pemenang Asia’s Next Top Model musim ketiga, Ayu Gani.

Model dengan nama lengkap Ayu Lestari Putri Gani yang lahir tahun 1991 ini, mengungkap alasan mengapa dirinya lebih memilih untuk membeli hunian bertingkat. Simak juga: Apartemen Rp300 Juta Ini Cocok Jadi Rumah Pertama Kaum Milenial

Ditemui langsung Rumah.com, Kamis (18/1), ia mengatakan, “Kenapa apartemen, karena aku merasa lebih secure. Apalagi aku cukup sering bepergian, jadi unsur keamanan dalam sebuah hunian sangat krusial bagi aku. Dan memang, aku pribadi kurang minat membeli rumah tapak di Jakarta.”

2 dari 3 halaman

30% Gaji untuk Cicilan

Apartemen pertama yang dihuni Gani terletak di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Pemilihan lokasi ini dikarenakan jarak yang relatif dekat dengan pusat aktivitasnya yang lebih sering berada di sekitar Kuningan. Praktis, dari apartemen hanya membutuhkan waktu tempuh setengah jam.

Untuk bisa memiliki apartemen tersebut, ia pun mengaku ada banyak aspek yang dikorbankan. Utamanya dari sisi gaya hidup.

“Banyak banget, apalagi waktu kemarin beli apartemen itu aku masih merintis sebagai model. Jadi kalau dulu aku gemar nge-mall tiap hari, nah sekarang berkurang. Terus untuk kebutuhan fesyen dan traveling juga diminimalisir banget.

Dari income bulanan, aku selalu sisihkan minimal 30%-nya untuk cicilan apartemen,” ujar gadis kelahiran Surakarta ini.

Apa yang dilakukan Gani memang sudah sesuai ilmu perencanaan keuangan yang baik. Dimana alokasi penghasilan bulanan seharusnya mematuhi porsi seperti berikut ini:

  • 50% – 60% untuk biaya hidup bulanan
  • 20% untuk tabungan dan investasi sesuai tujuan finansial
  • 10% untuk dana darurat
  • Maksimal 30% untuk cicilan properti

Lihat juga: Daripada Sewa, Mending Cicil Apartemen 2 Jutaan/Bulan. Ini Pilihannya!

3 dari 3 halaman

Ketagihan Beli Apartemen

Ketika ditanya apakah ia berencana untuk menambah lagi daftar apartemen yang akan dibeli, Gani justru dengan mantap mengatakan bahwa dirinya tengah mencicil beberapa apartemen di lokasi lain. Namun ia enggan menyebut di mana lokasinya berada.

“Karena apartemen yang sekarang aku huni sudah lunas cicilannya, jadi aku mempertimbangkan untuk membeli apartemen lainnya. Setiap membeli apartemen, selain keamanan, aku juga mencari yang bisa diangsur menggunakan metode cicilan bertahap langsung ke pengembang. Tentunya dengan tenor pendek seperti tiga atau empat tahun,” imbuhnya.

(Mau apartemen tanpa DP dan bisa cicil langsung ke pengembang? Cari pilihannya mulai harga Rp300 juta di Perumahan Baru!)

Dalam proses mencari hunian idaman, Gani mengawali langkah dengan menggali informasi dan seluk beluk developer yang membangun apartemen tersebut. Termasuk juga banyak bertanya soal legalitas dan rekomendasi dari orang-orang yang bisa dipercaya.

Sesuai dengan karateristik milenial yang segalanya harus serba cepat, mendapatkan informasi dengan rinci mengenai suatu proyek baik apartemen maupun rumah tapak bisa disimak melalui Review Properti yang ada di Rumah.com

Fitur ini memudahkan pencari properti dalam mengetahui akses secara akurat, termasuk juga fasilitas terdekat serta analisis lokasi yang mendalam. Generasi milenial bahkan bisa mengetahui seluk beluk properti incaran dari A sampai Z. Ini adalah Review Properti yang pertama dan terlengkap di Indonesia.

Ingat! sebelum mengajukan kredit pemilikan apartemen, temukan dulu pilihan yang ideal dengan harga mulai harga Rp300 jutaan di sini. Dan jika Anda merupakan pembeli apartemen pertama, tanyakan apa saja informasi yang dibutuhkan melalui Tanya Agen.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah


Loading
Artikel Selanjutnya
600 Ribu Miliarder di Negara Ini Merupakan Generasi Milenial
Artikel Selanjutnya
Catatan Kuno Viral, Bukti Milenial Bukan Generasi Terburuk?