Sukses


Tips Agar Bayar Cicilan KPR Lancar

Liputan6.com, Jakarta Mau beli rumah pakai KPR? Jangan ragu-ragu, segerakan saja niat Anda. Jika nunggu punya uang banyak biar bisa beli cash takutnya keburu tua. Bukan apa-apa, antara kenaikan penghasilan dan kenaikan harga rumah terpaut jauh setiap tahunnya.

Ya, beli rumah dengan cicilan KPR membantu Anda mewujudkan impian Anda untuk punya rumah sendiri. Apalagi saat ini kebijakan Pemerintah terhadap kebijakan uang muka untuk pembeli rumah pertama makin murah.

Baca juga: Bank KPR Dengan Suku Bunga Rendah Per Januari 2018

Hanya pastikan jangan sampai Anda salah menjatuhkan pilihan terhadap bank pemberi KPR-nya. Bukan apa-apa, ada banyak produk-produk KPR dengan bermacam kemudahan plus gimmick yang bisa bikin Anda tergoda namun jika salah pilih tentu akan fatal akibatnya.

Simulasikan cicilan KPR Anda per bulannya lewat kalkulator keterjangkauan Rumah.com. Jadi mau beli rumah pakai KPR? Simak tips ala Rumah.com agar bayarnya lancar.

  • Pilihlah bank yang sehat dan memiliki kredibilitas dalam penyaluran kredit.
  • Bank tersebut harus memiliki hubungan kerja sama dengan developer yang bersangkutan. Hal ini diperlukan untuk memudahkan administrasi dan kelancaran proses pencairan kredit. Tentunya, pihak developer yang bersangkutan pun telah menyeleksi bank-bank yang akan diajak kerja sama.
2 dari 2 halaman

Tips Bayar KPR Lancar

Mau nyicil KPR berpa lama? Simak tipsnya.

  • Pilihlah bank yang mematok suku bunga KPR yang paling wajar.
  • Di tengah-tengah kondisi suku bunga perbankan yang fluktuatif, sebaiknya memilih bank yang mematok bunga fixed(tetap) dalam kurun waktu tertentu. Misalnya yang mematok suku bunga tetap dalam kurun waktu setahun.
  • Dalam daftar harga atau brosur biasanya tercantum kalimat “Suku bunga KPR dapat berubah sewaktu-waktu.” Karena itu, dalam menghitung cicilan kredit yang akan dibayarkan, sebaiknya Anda memperkirakan bunga KPR yang berlaku plus 10% hingga 20% dari bunga tersebut.

Misalnya, bunga KPR 25% per tahun kita asumsikan menjadi 27,5% atau 30% per tahun. Dengan cara ini, konsumen dapat memerkirakan kemampuan maksimalnya dalam mencicil sehingga mempunyai dana reserve.

  • Penentuan jangka waktu kredit yang akan diambil terkait langsung dengan besar jumlah cicilan per bulan.

Karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kemampuan Anda dengan pihak bank. Ini perlu agar jumlah kredit dan jangka waktu yang akan diambil disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Itulah tips beli rumah pakai KPR agar cicilannya lancar. Berniat beli rumah? Simak aneka pilihan perumahan dengan cicilan ringan mulai harga Rp500 jutaan di sini!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah


REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Lima Bank dengan Suku Bunga KPR di Bawah 10%