Sukses


Manfaat Fiber Optik di Proyek Perumahan Baru

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda mengapa sejumlah perumahan menawarkan konsep fiber optik sebagai fasilitas unggulannya? lalu apa sih manfaat fiber optik bagi hidup Anda?

Sebelum mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, ada baiknya bila Anda mengetahui serba-serbi singkat tentang fiber optik itu sendiri.

Seperti dilansir dari laman Rumah.com, kabel fiber optik secara umum merupakan salah satu jenis kabel yang dibuat dengan teknologi canggih masa kini, yang mana sebagian besar bahan dasarnya terbuat dari serat kaca.

Adanya kabel fiber ini diperuntukkan sebagai media tranmisi terarah (guieded/wireline) guna kepentingan perpindahan arus data dalam dunia jaringan komputer.

Di era modern dan teknologi canggih seperti sekarang, kabel jaringan fiber optik diperuntukan sebagai jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Are Network).

Di Kabel Fiber terdapat empat bagian penting, yakni Inti (Core), Jaket (Cladding), Mantel (Coating). dan Strength Member & Outer Jacket.

Inti (Core)

Bagian inti dari kabel fiber optik yang disebut ‘core’ ini terbuat dari serat kaca. Bentuknya berukuran diameter antar 2 mikro meter hingga 50 mikro meter.

Perlu Anda ketahui, ukuran core sangat berpengaruh besar terhadap kualitas dan kemampuan dari sebuah kabel fiber optik.

Jaket (Cladding)

Elemen penting lainnya adalah cladding atau disebut juga dengan jaket. Fungsi cladding adalah membantu kecepatan perambatan cahaya di dalam serat optik. Clading sendiri terbuat dari kaca dengan diameter 5 mikro meter sampai 250 mikro meter.

Perambatan cahaya dalam core dikarenakan indeks bias yang dihasilkan cladding lebih kecil dibandingkan core. Cladding juga bisa disebut sebagai pelindung core dan juga sebagai cermin yang terpancar kelar lalu kembali lagi ke dalam core.

Mantel (Coating)

Elemen ketiga adalah mantel atau coating yang terbuat dari plastik. Mantel berfungsi sebagai pelindung mekanis yang bertujuan menjaga serat optik dari penyebab kerusakan seperti kabel yang melengkung atau kelembapan.

Karakteristik mantel terlihat dari warna yang cukup beragam. Ternyata warna yang beragam ini berfungsi untuk mempermudah penyusunan urutan core.

Strength member & outer jacket

Lapisan terluar adalah strength member dan outer jacket . Bagian ini memiliki fungsi sebagai pelindung yang menjaga kabel dari gangguan luar yang bisa menyebabkan kerusakan pada bagian inti.

Keuntungan menggunakan fiber optik

– Kabel jaringan ini dapat beroperasi dengan kecepatan sangat tinggi untuk membawa informasi atau data. Kecepatan ini lebih tinggi dibandingkan kabel jaringan Coaxial atau Kabel twisted pair. Adapun kecepatan kabel ini adalah 1000 mbps.
– Bandwith bisa berkapasitas 1 gigabit per detik
– Bisa mengirim sinyal lebih jauh bila dibandingkan dengan kabel jaringan jenis lain. Kendati ingin menambah penguat sinyal, Anda hanya mebutuhkan pemasangan kabel-kabel jaringan di setiap 20 kilometer saja.
– Material fiber otipk ini tahan cuaca baik kelembapan udara atau cahaya. Artinya kabel ini cukup awet digunakan.
– Lebih efisien terhadap anggaran perawatan.
– Kabel kuat terhadap interferensi elektromagnetik yang berasal dari sekitar kabel.
– Mampu mengatasi masalah gangguan gelombang frekuensi bahan elektrik, sehingga sangat layak dipasang pada daerah dengan frekuensi gelombang cukup tinggi.
– Kabel cukup ringan, sehingga cukup fleksibel.
– Tidak menyebabkan korsleting atau kebakaran karena material terbuat dari serat kaca.
– Sangat kecil kemungkinannya terjadinya penyadapan, layaknya kabel jaringan UTP dan STP.
– Mudah di up-grade.

Kekurangan

– Harga kabel cukup mahal
– Membutuhkan keahlian khsusu untuk memasang kabel ini
– Membutuhkan sumber cahaya yang kuat untuk melakukan pensiyalan. Misalnya alat pembangkit listrik eksternal.
– Masih ada anggapan bisa menyebabkan loss data, akibat potensi penyerapan hidrogen.
– Membutuhkan bidang lahan yang datar, meskipun lahan berbelok diharuskan untuk dibuat belokan yang melengkung.

Fasilitas Fiber Optik Berhasil Menarik Penjualan Properti

 

Lina, Marketing dari PT. Bahana Tirta Adhiguna selaku pengembang The Wiladatika Residence Cibubur-Jakarta Timur mengatakan, penggunaan Fiber Optik pada perumahan baru bisa meningkatkan 45% penjualan.

“Saat ini kebutuhan masyarakat terhadap penggunaan internet cukup tinggi. Dan kami sebagai pengembang sengaja menyediakan fiber optik ini untuk memudahkan aktivitas penghuni. Dengan adanya fiber optik, penghuni bisa dengan mudah menginstal wi-fi dan televisi kabel dengan mudah,” ujar Lina kepada Rumah.com, Senin (14/11/2016).

Menurut Lina, fiber optik ini merupakan gagasan menarik sebagai aplikasi smart-living yang cukup gencar dipasarkan di hunian baru, salah satunya Perumahan The Wiladatika Residence Cibubur-Jakarta Timur.

Smart-living sendiri konsepnya lebih luas. Tidak hanya berkutat pada fasilitas internet atau wi-fi saja tetapi juga fingerprint scanner, one pust lock button, access card dan smart home, powerbackup, dan air kran siap minum,” tambahnya.

Lihat juga: Ulasan Lengkap Perumahan The Wiladatika Residence Cibubur-Jakarta Timur

Foto: Pixabay.com