Sukses


Cara Membangun Kecerdasan Anak Meski Tinggal di Apartemen

Liputan6.com, Jakarta - Ruang tengah atau yang sering juga disebut ruang keluarga, adalah pusat kegiatan sosial sebuah keluarga. Di sinilah pusat kehangatan keluarga terpancar.

Setelah seharian beraktivitas, seluruh anggota keluarga berkumpul di ruang tengah untuk berbagi cerita, bertukar pendapat, menyusun rencana, dan segala macam. Komunikasi antara orangtua dengan anak pun terjalin secara intens di area ini.

(Kalau mau beli rumah minimalis, simulasikan dulu cicilan rumah per bulannnya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

Yang mengejutkan, komunikasi jenis ini juga berpengaruh terhadap daya tangkap anak. “Selain faktor genetis, pendidikan, gizi, teman, dan tingkat pendidikan ayah dan ibu, kecerdasan anak juga dipengaruhi oleh interaksi dengan anggota keluarga,” ujar Roslina Verauli, psikolog anak dan keluarga, seperti dikutip Rumah.com.

Tak hanya itu, kemampuan sosialisasi seorang anak, menurut Vera, juga dipengaruhi oleh interaksi anak dengan orangtua. “Seorang anak yang kompeten secara emosional akan kompeten pula secara sosial,” ujarnya.

Jika orangtua tak mampu menjalin komunikasi yang hangat dengan anak, maka si kecil akan kehilangan kepercayaan diri.

Selain itu, masih di dalam ruang keluarga, ada cara lain yang bisa dilakukan orangtua dalam membentuk karakter anak. Adalah bersama-sama melakukan seni mewarnai pakaian dengan teknik Shibori.

Seni Shibori dalam pengerjaannya memberikan efek positif karena bersifat menenangkan, menyenangkan, memberi rasa nyaman, dan melatih fokus pada anak.

Tak hanya itu, seni Shibori juga mampu melatih kemampuan motorik anak. Dengan demikian, kegiatan ini sangat mumpuni dilakukan untuk mengisi waktu luang yang produktif. Terlebih jika anak bertempat tinggal dalam luasan terbatas seperti di apartemen.

Hal tersebut yang coba diedukasi apartemen Cimanggis City melalui acara Shibori For Kids, Sabtu (23/2). Kegiatan ini dihadiri puluhan anak-anak dari berbagai sekolah se-Jabotabek. 

Sebelumnya, PT. Permata Sakti Mandiri juga telah beberapa kali melaksanakan program kegiatan bagi anak-anak. 

(Simak Review Properti dari Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan, sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya)

"Kegiatan kali ini merupakan salah satu peran pengembang, dalam perkembangan pendidikan anak usia dini sekaligus memberikan pengalaman langsung mengenai hunian vertikal atau apartemen yang kini banyak dikembangkan di Indonesia," ujar Widodo selaku Promotion Manager Cimanggis City.

Apartemen Cimanggis City setinggi 24 lantai berdiri di lahan seluas 1 hektare, dengan luas bangunan sekitar 65.000 meter persegi. Total unitnya berjumlah 1.600 unit apartemen dan kios denga dua pilihan tipe, yaitu tipe 21 (studio) dan tipe 36 (2 kamar).

Mengusung konsep lagoon leisure, sehingga mampu memberikan kenyaman bagi penghuninya untuk beristirahat (relaksasi) sekaligus aktualisasi diri bagi keluarga dan hubungan sosial lainnya.

Saat ini unit apartemennya dibanderol dengan harga mulai dari Rp319 jutaan, dengan cicilan sekitar Rp2,9 jutaan per bulan. Harga ini dapat dicicil melalui KPA bank atau tunai bertahap.

(Mau tahu apa saja dokumen yang harus diurus dalam proses pembelian apartemen pertama? Simak selengkapnya di Panduan Rumah.com)

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah


REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Loading
Artikel Selanjutnya
Ubah Mood di Ruang Keluarga dengan Permainan Warna Dinding