Sukses


7 Inspirasi Desain Pegangan Tangga Sesuai Tema Dekorasi

Liputan6.com, Jakarta Sebuah pegangan tangga, seringkali hanya dianggap sebagai pelengkap saja sehingga kerap kali hanya dibiarkannya apa adanya. Padahal benda ini bisa dijadikan benda dekorasi yang dapat menegaskan desain rumah Anda loh!

Pikirkan bahan material yang tidak biasa atau Anda juga bisa buat sendiri dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai di rumah. Berikut beberapa ide desain pegangan tangga dari Rumah.com yang bisa Anda coba dirumah :

1. Dayung

Sebuah dayung bisa menjadi material pegangan tangga yang unik. Memiliki bahan dan bentuk yang sesuai dengan kondisi tangga sekaligus mudah dipasang dan dilepaskan. Dayung cocok digunakan di dalam rumah yang berada dekat dengan pantai atau danau.

Cocok digunakan di dalam rumah yang berada dekat dengan pantai atau danau.

2. Ranting pohon

Anda tetap dapat memodifikasi dengan memotong batang pohon sesuai dengan kebutuhan sebagai inspirasi.

Bawa suasana alam ke dalam rumah dengan menggunakan batang pohon bercabang sebagai pegangan tangga. Tantangannya: Mungkin akan sedikit sulit menemukan batang pohon yang benar-benar sesuai dengan panjang dan bentuk tangganya.

Cara seperti ini sekaligus melabelkan Anda, sebagai pemilik rumah, sebagai seseorang yang mencintai alam dan senang mendaur ulang barang-barang di sekitarnya. Anda tetap dapat memodifikasi dengan memotong batang pohon sesuai dengan kebutuhan sebagai inspirasi.

Pegangan kayu seperti ini cocok dikombinasikan dengan ruangan bernuansa natural, dengan penggunaan unsur kayu seperti parket.

3. Menyatu dengan tembok

Cara ini cukup sederhana sekaligus memberikan kesan modern di dalam rumah.

Sebuah pegangan tangga tidak harus ditempelkan ke dinding. Anda bisa melihat gaya modern dari foto di atas dengan memberikan celah di dinding sehingga bisa digunakan untuk menaruh tangan Anda ketika naik ke atas atau turun ke bawah.

Cara ini cukup sederhana sekaligus memberikan kesan modern di dalam rumah.

4. Pipa besi

Pipa besi dengan tampilan bekas pakai ini memberikan kesan industrial secara instan.

Jika Anda ingin memberikan kesan industrial di dalam rumah, gunakan pipa besi sebagai pegangan tangga. Pipa besi mudah dipasang dan terlihat sangat cocok digunakan untuk tangga menuju ruang bawah tanah.

5. Tali tambang

Cocok digunakan sebagai pegangan tangga di rumah yang dekat dengan pantai

Untuk menghadirkan nuansa pantai,dekorasi yang harus Anda perbanyak adalah dekorasi bernuansa rami dan anyaman, dengan pilihan warna putih, krem atau coklat muda, serta aksentuasi biru laut.

Untuk pegangan tangga, tali tambang yang identik dengan sauh atau jangkar kapal adalah pilihan yang tepat.

Anda juga bisa membuat variasi berbagai bentuk ikatan tali agar tangga tersebut menjadi tempat yang seru untuk dinaiki.

5. Batang pohon

penggunaan batang pohon memberikan kesan originalitas dan juga visual dekorasi yang unik.

Anda juga bisa menggunakan sebuah batang kayu yang besar untuk didalam rumah. Batang kayu seperti ini cocok digunakan di kota yang dingin karena penggunaan kayu dapat menghangatkan rumah.

Tidak hanya memberikan kenyamanan, penggunaan batang pohon memberikan kesan originalitas dan juga visual dekorasi yang unik.

7. Akar tanaman

Anda bisa menemukan material seperti ini di hutan dan menggunakannya di dalam taman di rumah.

Untuk tangga di luar ruangan, pilih sebuah akar pohon besar yang melingkar untuk dijadikan sebuah pegangan tangga. Anda bisa menemukan material seperti ini di hutan dan menggunakannya di dalam taman di rumah. Bentuknya yang unik sangat sesuai dengan suasana luar rumah.

Foto: Homedit.com

Mita Agustina


Loading
Artikel Selanjutnya
Masuk Daftar 100 Kota Berbahaya di Dunia, Jakarta Masih Lebih Aman dari Kuala Lumpur
Artikel Selanjutnya
LRT Jakarta Targetkan Angkut 14 Ribu Penumpang Setiap Hari