Sukses


Unik, Desain Rumah Ini Takkan Pernah Terpikirkan oleh Anda!

Liputan6.com, Jakarta Selain nyaman, orang biasanya ingin membuat rumah yang ‘unik’ agar punya ciri khas. Tak heran bila seseorang jor-joran untuk mendesain rumah dengan konsep yang beda.

Umumnya, rumah dibangun di atas lahan datar, lingkungan rumah juga diusahakan agar dekat dengan fasilitas umum dan sosial, agar tercipta sebuah tatanan kehidupan yang seimbang.

Namun, ada sejumlah rumah yang dibangun dengan konsep rumah-rumah yang tak lazim, unik, bahkan eksentrik. Baik dilihat dari bentuk bangunan dan lokasi bangunan, rumah-rumah tak lazim ini ternyata berpenghuni.

Berikut ini, seperti dilansir dari laman Rumah.com akan dirangkum rumah-rumah berdesain tak lazim dari berbagai sumber:

1. Rumah Terpencil di Sebuah Pulau Islandia

Elliðaey (Etliday) merupakan pulau terbesar ketiga yang luasnya 0,45km persegi. Pulau ini terbentuk karena hasil erupasi dari gunung berapi yang terjadi sekitar 5-6 ribu tahun lalu.

Keunikan terlihat ketika ditemukan sebuah rumah dibangun di tengah hijaunya pulau. Rumah ini dibangun sejak tahun 1953, dan semula dijadikan sebagai tempat penyimpanan rahasia.

Rumah yang berada di tengah-tengah Pulau di Islandia (amusingplanet.com)

Namun, seiring waktu, rumah tua ini mengalami renovasi menjadi dua lantai di tahun 1987 dan 1996. Semula rumah ini dinilai tidak layak karena tidak memiliki tetangga sekitar. Namun pada tahun 2000-2001, dibangunlah rumah berukuran kecil sebagai tempat sauna.

2. Rumah jatuh

(sumber: amusingplanet.com)

Selanjutnya adalah rumah jatuh yang ada di San Diego, Amerika Serikat. Rumah yang dibangun seharga Rp18,4 miliar ini, merupakan karya artistik dari mahasiswa asal Korea yang belajar di Universitas California.

Konsep rumah ini seperti rumah yang seolah-olah jatuh dari langit dan tersangkut di rumah seseorang. Selain desain yang unik, rumah ini juga didesain senyaman mungkin dengan beberapa fasilitas berupa interior yang full furnish.

Di sekitar rumah terdapat taman yang ditanami seperti tomat, tanaman merambat, dan buah plum (sumber: amusingplanet.com)

Di sana juga ada bantal, televisi, figura foto, dan cahaya lampu menyala dan mati secara otomatis setelah matahari terbit dan tenggelam.

Uniknya, rumah ini juga memiliki taman dengan jenis tanaman sayuran seperti tomat, tanaman merambat, dan buah plum yang ungu.

3. Rumah seperti jembatan

 (sumber: giverny-impression.com)

Rumah yang satu ini sangat terlihat seperti jembatan. Berada sedikit menjorok di Sungai Seine di Paris, rumah ini membentang dari sebuah bukit ke pondasi beton di sebelahnya.

4. Rumah di ujung tebing


(sumber: naij.com)

Terbayangkah Anda bila harus tinggal pada rumah yang dibangun pada tepi jurang? Rumah ini di bangun di bawah permukaan tanah. Dengan adanya kolam renang pada bagian teratas, rumah ini seolah berada di bawah sungai.

Menariknya lagi, bagian ujung rumah muncul di tepi jurang, seolah terlihat seperti air terjun yang membeku. Dari dalam, pemandangan yang tersaji sungguh menakjubkan, sekaligus mengerikan.

Bagaimana tidak, dengan dinding depan yang hampir seluruhnya dari kaca, Anda akan seolah-olah melayang di tepi jurang. Jika masih kurang menantang, Anda bisa keluar dan menikmati pemandangan dari balkon. Ketegangan berdiri di atas ketinggian akan memberikan sensasi tersendiri.

Tampilan jika malam hari (sumber: naij.com)

Tampak ruangan di dalam bangunan (sumber: naij.com)

Hasil karya dari dua arsitek asal Yunani bernama Laertis Antonios Ando dan Pantelis Kampouropoulus ini menciptakan struktur dengan pemandangan yang indah sekaligus menakutkan.

Itu sebabnya mengapa mereka menjuluki konsep bangunan dengan nama “brutalisme murni”.

Feature picture: pixabay.com