Sukses


Referensi Rumah 3 Lantai dengan Desain Unik

Liputan6.com, Jakarta Konsep rumah 3 lantai lahir karena kondisi lahan yang terbatas, khususnya di Jakarta dan beberapa daerah penyangga lainnya.

Mengulik mengenai desain rumah tiga lantai, sejatinya bukanlah model atau tren yang baru di Indonesia. Konsep ini sudah lebih dulu diterapkan di beberapa negara padat seperti di Singapura, Jepang, Hongkong, bahkan Amerika Serikat.

Kesemua negara memiliki latar belakang yang sama, yakni memiliki keterbatasan lahan. Sehingga, mau tidak mau masyarakat memilih hunian vertikal baru yang cukup berbeda dari apartemen.

Membuat rumah 3 lantai bukanlah hanya sekedar model atau tren begitu saja. Tetapi, rumah 3 lantai yang baik juga harus memikirkan bagaimana agar sirkulasi udara tetap lancar.

 

Rumah tiga lantai ini juga menjadi cara untuk menyiasati peraturan koefisien dasar bangunan (KDB) dan koefisien luas bangunan (KLB).

Berikut ini beberapa desain unik rumah 3 lantai yang dilansir dari Rumah.com, dan bisa menjadi inspirasi bagi rumah idaman Anda:

Perumahan Kadhaton Residence

Maket unit tipe Sthana yang menjadi bagia di Perumahan Kadhaton Residence.

Perumahan ini mengusung konsep rumah 3 lantai yang didesain oleh Nataneka, yang dikepalai oleh Sukendro Prioso. Fokus rumah ini terletak dari fungsi dan kepraktisan sebuah rumah.

Jika dilihat dari desain eksterior rumah Kedhaton, unsur kontemporer terasa cukup kuat dengan layout kotak (kubik) yang mendominasi dinding luar. Rumah ini juga menerapkan tema modern pada interior rumahnya.

Tampilan fasad rumah 3 lantai Kadhaton Residence.

Tampilan bagian di lantai satu yang memiliki kolam renang dengan kedalaman 1,25 meter.

Teras rumah yang biasa ada di lantai dasar, untuk rumah 3 lantai ada di lantai 2.

Setiap unit tidak dibekali taman pada area depan rumah, maka penggunaan taman gantung atau menggunakan tanaman merambat bisa menjadi pilihan menarik sebagai penghijauan.

2 dari 2 halaman

Perumahan Kanaya Terrace

 

kanaya terrace jakarta

Perumahan Kanaya Terrace tidak sekedar menerapkan konsep tiga lantai, tetapi juga mengintegrasikan dengan konsep two level infrastructure (TLI) untuk lingkungannya.

Pada konsep TLI, area jalan kaki dan dan lalu-lintas mobil dipisahkan (lihat gambar di atas).

Rumah Kanaya Terrace terdiri dari tiga lantai dengan fungsi masing-masing.

Lantai dasar merupakan service area, di mana terdapat garasi, kamar tidur asisten rumah tangga, dapur, dan lainnya.

Lantai satu merupakan ruang sosial, di mana terdapat ruang makan, ruang keluarga, serta satu kamar tidur. Lantai dua luasnya sekitar setengah dari luas lantai satu. Terdiri dari dua kamar tidur.

Menariknya, pintu masuk utama di lantai satu bisa diakses dari bagian atas TLI, yakni untuk pejalan kaki.

Perumahan Graha Waringin Asri

Fasad depan rumah Graha Waringin Asri 

Rumah Graha Waringin Asri memiliki desain rumah tiga lantai yang minimalis. Aksen minimalis terlihat dari bentuk-bentuk persegi sederhana, sehingga masih tetap terlihat modern.

Pada lantai tiga, dinding depan diganti menggunakan kaca, agar terkesan mewah dan luas.
Ternyata penggunaan kaca selain menambah estetika, juga meoptimalkan sinar matahari masuk dan menjadi penerangan alami untuk bagian dalam rumah.


Loading