Sukses


Mau Lebih Produktif? Pilih Warna Cat Tembok Ini!

Liputan6.com, Jakarta Lingkungan tempat Anda bekerja memang memiliki pengaruh yang besar terhadap energi, kreativitas, dan juga fokus saat bekerja. Ternyata, Anda dapat memanfaatkan pengaruh positifnya hanya dengan memilih warna cat yang tepat saja.

Tentunya ada banyak sumber yang pernah membahas berbagai macam cara untuk memacu produktivitas di kantor.

Tapi jika Anda tidak memiliki waktu yang banyak untuk membaca sebuah buku psikologi warna, maka tips dari Rumah.com berdasarkan infografis yang dibuat oleh Quill –sebuah perusahaan penyedia barang-barang kantor- layak Anda coba.

Pilih warna yang tepat

Berikut adalah 4 warna utama dalam psikologi warna.

Merah: Memberi efek kepada tubuh seperti memacu detak jantung, meningkatkan aktivitas gelombang otak, menstimulasi nafsu makan.

Warna merah cocok diaplikasikan di ruangan yang biasa digunakan untuk bekerja pada malam hari, juga ruangan yang sering digunakan aktivitas fisik.

Biru: Membuat pikiran lebih tenang, meningkatkan rasa percaya diri, komunikatif, efisien, menurunkan detak jantung, juga tekanan darah.

Warna biru cocok diaplikasikan di ruangan yang biasa digunakan untuk berdiskusi atau brain-storming dan juga ruangan yang memiliki detail ornamen.

Kuning: Menstimulasi dan meningkatkan rasa percaya diri serta membangkitkan rasa optimis. Namun, warna kuning bila digunakan terlalu banyak akan memberikan rasa cemas dan juga meningkatkan temperamen seseorang.

Warna kuning cocok dikombinasikan dengan warna lain di ruangan yang membutuhkan kreatifitas serta energi yang tinggi.

Hijau: Memberikan keseimbangan antara pikiran, tubuh dan juga emosi. Warna hijau juga dianggap dapat membangkitkan kreatifitas, menginspirasi inovasi, menurunkan rasa cemas dan juga rabun pada mata.

Warna hijau baik digunakan di ruang kerja yang membutuhkan banyak inovasi seperti ruang komputer dan juga ruangan yang biasa digunakan untuk berdiskusi.

Opsi lainnya

Jingga: Melambangkan ketahanan dan kekokohan, mendorong kreatifitas dan rasa antusias. Memberikan aksen yang kuat bila dikombinasikan dengan warna lain. Cocok untuk digunakan di ruangan yang memiliki energi yang tinggi serta kreatif.

Abu-abu: Memberikan kesan netral namun menggambarkan kurangnya rasa percaya diri. Cocok dikombinasikan dengan warna lain seperti merah atau kuning.

Putih: Memberikan kesan lebih lapang terutama bila dikombinasikan dengan pencahayaan yang natural. Cocok digunakan untuk ruangan kreatif.

Semua warna tersebut bukan hanya dapat digunakan sebagai warna utama dalam sebuah ruangan saja, namun juga dapat digunakan sebagai aksen.

Tapi jangan menggunakan warna aksen terlalu banyak karena akan membuat ruangan terasa tidak seimbang.

Aksen warna merah seperti pada kursi cocok digunakan untuk bernegosiasi, sedangkan aksen warna kuning dapat meningkatkan fokus. Jika Anda bekerja dari rumah, cat area bekerja dengan warna yang berbeda dengan ruangan lain di rumah.

Foto: Housebeautiful.com

Mita Agustina


REVIEW PROPERTY

Lihat Semua