Sukses


Intip Desain Unik Rumah Seharga Rp133 Juta-an, Yuk!

Liputan6.com, Jakarta Rumah murah tapi tidak murahan. Ya, sepertinya ungkapan tersebut benar adanya. Pasalnya, desain rumah yang layak huni tidak selalu ditentukan dengan murah atau mahalnya biaya material.

Rumah dikatakan layak setidaknya memiliki 6 indikator penting, antara lain sirkulasi udara yang baik, kualitas air yang memadai, pencahayaan atau penerangan yang cukup, dapur bersih dengan pembuangan asap yang lancar, konstruksi bangunan yang memenuhi standard, dan sanitasi yang baik.

Menentukan harga rumah idelanya ditentukan berdasarkan aspek material bangunan, fasilitas, dan akses menuju perumahan. Rumah yang memiliki harga tinggi bisa jadi memang karena pemilihan material bangunan dengan kualitas utama. Tidak hanya itu, tetapi juga luas tanah yang tergolong luas.

Namun, ada juga rumah dengan spesifikasi bangunan biasa saja, namun harganya melambung tinggi. Hal ini dikarenakan lokasi yang berada di tengah kota, dan sangat mudah menjangkau pusat kota.

Tapi, bukan berarti dengan budget yang terbatas, Anda tidak memiliki rumah yang layak huni bukan?

Sebuah rumah karya dari PT. Nusagilang Idaman seharga Rp133 juta ini memiliki desain unik dan jauh dari kesan rumah dengan kualitas murahan. Adalah Green Palme Residences yang lokasinya berada di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang mungkin bisa menjadi inspirasi hunian pertama Anda.

Denah Green Palme Residence Tigarakasa, Kabupaten Bogor.
Dibangun dengan luas bangunan 30m2 dan luas tanah 60m2, Green Palme Residences menawarkan konsep rumah ukuran kecil yang tidak biasa. Berbeda dengan rumah lain yang hanya terdiri dari satu bangunan saja, unit Green Palem Residences terdiri dari dua bangunan, depan dan belakang, yang dipisahkan oleh taman di tengah.

Ruang tamu yang ada di bagian pertama.

Bangunan pertama, merupakan ruang tamu yang bisa menjadi ruang keluarga. Di bagian depan juga terdapat satu kamar mandi, dapur mungil yang sudah lengkap dengan wastafel sink.

Ukuran ruang tamu 3m x 2,5m ini bisa menjadi tempat yang nyaman bagi keluarga kecil Anda. Mengapa? Karena pada saat Anda berkumpul, sirkulasi udara tetap terjaga karena adanya taman yang berada di tengah-tengah dua bangunan.

Anda juga bisa leluasa memantau anak Anda bermain di alam terbuka tanpa ada risau. Sembari memasak, Anak Anda bisa bermain-main di taman tengah.

Arif B. Suselo, selaku kordinator agen dari PT. Nusagilang Idaman mengatakan, Green Palme Residences ini dibuat sengaja dengan pertimbangan konsep hunian yang nyaman, meskipun dengan kondisi lahan yang terbatas.

“Jika selama ini rumah bersubsidi dikenal sebagai rumah sederhana yang biasa saja, tapi kami sebagai pengembang ingin memberikan rumah dengan kualitas bangunan yang baik. Dengan konsep rumah klaster, kami kira mengusung rumah villa bisa menjadi hal yang menarik,” kata Arif dikutip dari Rumah.com, Rabu (7/13/2016).

Taman yang ada di kiri kanan bangunan.

Kelebihan lain dari rumah Green Palme Residences adalah plafon setinggi 7m pada bangunan kedua, yang digunakan untuk dua kamar tidur. Kamar tidur pertama sebesar 3m x 3,25m bisa menjadi kamar tidur utama untuk orang tua. Sedangkan kamar tidur untuk si kecil berukuran 2m x 3,25m.

Kedua kamar tidur tersebut dibatasi oleh partisi yang bisa sewaktu-waktu dapat Anda lepas-pasang sesuai kebutuhan.

Dengan plafon setinggi 7m, Anda bisa menambahkan lantai mezzanine untuk menambah ruang. Lantai mezzanine bisa dibuat dengan menambah dak kayu sekitar 3 meter di bawah plafon dan tangga untuk menghubungkannya.

Sesuai yang dijelaskan bahwa rumah layak huni harus memiliki sanitasi yang baik, Green Palme Residences juga memenuhi syarat tersebut. Mulai dari mengukur kedalaman sumur resapan, septictank, hingga pembuangan air kotor yang diukur sesuai standar rumah layak huni.

Benar saja, dengan konsep rumah minimalis bernuansa villa ini, ternyata menarik konsumen, khususnya bagi konsumen yang berpenghasilan rendah. Sejumlah 250 unit dari 460 unit rumah, ternyata sudah habis terjual.

Menurut Arif, selain lokasi, konsumen menilai desain rumah Green Palme Residences cukup berbeda dari rumah bersubsidi lainnya. Desain rumah ini juga dapat dikatakan ramah lingkungan. Dengan adanya taman di dalam rumah, Anda bisa membantu pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik.

Jadi, meski lahan terbatas, bukan berarti tidak nyaman bukan? Selamat mencoba!

Feature picture: Green Palme Residence


Loading