Sukses


Aneka Tirai Cantik Pemanis Kamar Tidur

Liputan6.com, Jakarta Tirai atau gorden adalah potongan kain/tekstil yang digunakan yang umum digantung di bagian dalam jendela suatu ruangan. Fungsinya adalah untuk meredam silaunya sinar matahari sekaligus menambah estetika ruang tersebut.

Saat malam hari, tirai berguna untuk mencegah cahaya lampu keluar dari ruangan, serta membatasi pandangan orang di luar untuk melihat ke dalam rumah.

Dalam penggunaan lebih luas, tirai mampu memberikan pemisahan visual pada situasi lain. Contohnya pada suatu pertunjukan panggung, di mana para aktor melakukan persiapan terakhir untuk pertunjukan di balik tirai, sewaktu penonton menunggu di depan tirai.

Jika digunakan untuk suatu pertunjukan tertentu, biasanya tirai dibuka sewaktu pertunjukan dimulai dan ditutup sewaktu jeda pertunjukan.

Di pasaran, tirai tersedia dalam berbagai bentuk, bahan, ukuran, warna, dan pola. Selain itu, tirai juga memiliki ragam gaya dan jenis. Adapun jenis-jenis tirai yang biasa ditemukan meliputi;

Tirai Geser

Tirai geser terdiri dari berbagai jenis, bahan, dan motif. Tirai geser dibuka dengan cara digeser ke samping. Anda dapat memilih tirai geser yang tebal ataupun yang tipis, yang besar ataupun yang kecil sesuai dengan selera.

Tirai geser sebaiknya digantung dengan tingkat ketinggian yang cukup. Karena hal ini mampu menciptakan ilusi yang membuat jendelanya juga nampak tinggi.

Selain itu, penempatan tali ditengah dengan mengikat seluruh tirai ke tengah, dapat menghadirkan kesan kamar yang santai.

Kombinasi Sheer dan Tirai

Kombinasi ini merupakan jenis tirai yang umum digunakan pada rumah. Berbeda dengan tirai geser biasa, kombinasi kedua tirai ini memberikan pilihan lebih banyak.

Hal ini dikarenakan lapisan dalamnya (sheer) yang tembus pandang dapat menyaring sinar matahari pada siang hari, dan lapisan luarnya (tirai) memberikan privasi, baik pada siang atau bahkan malam hari.

Sama seperti tirai geser, keduanya dibuka dengan cara digeser ke samping. Sheer biasanya berwarna putih polos, sehingga Anda dapat menyocokkannya dengan hampir tiap warna dan motif tirai.

Kombinasi Tirai dan Roman Blind

Roman Blind merupakan jenis tirai yang digeser ke atas dan ke bawah. Perpaduan tirai dan roman blind dimaksudkan untuk memaksimalkan privasi bagi penghuni kamar tidur, karena keduanya tidak bersifat tembus pandang seperti tirai tipis.

Motif, tema dan warna dari tirai harus diserasikan dengan kamar tidur Anda, agar menciptakan harmonisasi yang sempurna.

Dan berikut Rumah.com rangkum dari berbagai sumber, contoh motif dan gaya pemasangan tirai yang bisa Anda tiru di kamar tidur.

Corak merah dan putih bisa berkolaborasi dengan sempurna untuk kamar tidur bernuansa putih polos. Sumber: Pinterest

Area kamar tidur terbatas? Tidak masalah. Gaya tirai menyerupai ciri kafe-kafe ini layak diaplikasikan pada ruang kesayangan Anda.

Bagi si penyuka gaya shabbhy chic, corak tirai berikut ini layak dipertimbangkan. Warna hijau mint dipercaya mampu membuat suasana kamar tidur begitu ceria.

Lain halnya jika Anda menginginkan suasana lembut nan romantis di kamar tidur. Model tirai lipat (ikat ke samping) seperti gambar diatas cocok untuk Anda. Sumber: Billymagz.com

Sebaliknya, untuk Anda yang mendambakan ruang tidur bernuansa kalem, tirai warna broken white alias putih tulang dapat menjadi pilihan terbaik. Sumber: Houzz

Bingung menentukan paduan yang pas untuk kamar tidur? Serasikan saja motif tirai dengan bedcover Anda. Sumber: Windowtreatments

 


REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Loading