Sukses


Intip Dekorasi Rumah ala Mesir Sepanjang Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara untuk memaknai Ramadan. Berbeda negara tentu saja berbeda tradisi. Jika di Indonesia Ramadan cukup ramai karena petasan dan kembang api, lain cerita di Mesir.

Di Negeri Piramida ini, masyarakat Mesir lebih menikmati Ramadan malam hari di rumah. Seperti dilansir dari sampsoniaway.org, setelah salat Isya dan tarawih, masyarakat Mesir akan menyalakan lilin dan menempatkan di dalam lentera. Tradisi ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu.

Seperti dikutip dari Rumah.com, Dr. Nasif Kayed, Direktur Pusat Budaya Mesir, mengatakan bahwa dahulu kala, ketika malam tiba, anak-anak dan orang dewasa pergi ke luar rumah sambil memegang lampu lentera untuk menerangi jalan para khalifah. Pemimpin setempat kala itu mewajibkan masyarakat untuk memasang lentera di depan pintu mereka.

Kini di era modern, lentera mulai digantikan oleh lampu fanus. Ini adalah lampu gantung dengan ciri tabung yang dihiasi ukiran/grafir khas Timur Tengah. Di dalam tabung tersebut terdapat satu buah bohlam. Saat dinyalakan, motif grafir akan menciptakan efek bayangan yang artistik.

Lampu-lampu fanus dan lentera tersebut sudah menghiasi rumah warga dan sudut kota sejak ditentukannya 1 Ramadan tiba.

Masyarakat modern Mesir memasang lampu fanus tidak lagi hanya di pintu, tetapi juga di bagian dalam rumah seperti ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, balkon, dan taman.

Berikut ini contoh desain hiasan lampu fanus yang bisa menjadi inspirasi Anda di dalam rumah:

Contoh lampu fanus pada sebuah ruang tamu bernuansa Mesir (sumber: pinterest)

Salah satu bagian rumah menjadi tempat penyimpanan lampu fanus adalah tangga. Contoh desain ini, Anda bisa terapkan sebagai penerang jalan (sumber: pinterest)

Contoh dekorasi ruang keluarga dengan nuansa ungu siap membuat Anda nyaman menghabiskan waktu bersama keluarga selama Ramadhan (sumber: pinterest)
Lampu fanus yang digantung pada pohon bisa mempercantik taman Anda (sumber: pinterest)

Bagi Anda yang memiliki area terbatas di rumah, desain unik ini bisa menjadi inspirasi Anda di rumah (sumber: pinterest)

Dengan desain menyerupai kubah masjid, lampu fanus ini semakin menguatkan nuansa Ramadhan (sumber: pinterest)


Loading