Sukses


Cara Asyik Jalani Puasa Bersama Pasangan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, melainkan turut menahan hawa nafsu termasuk syahwat kepada pasangan sah Anda (suami/ istri). Untuk mengontrol hal tersebut saat puasa, tentunya akan lebih mudah dilakukan dengan menciptakan kegiatan yang seru nan bermanfaat.

Selain bisa memperkuat benih-benih cinta dan kasih sayang, daftar kegiatan ‘rumahan’ berikut juga bisa membuat waktu puasa terasa singkat.

Tadarus bersama

Mengerjakan ibadah semaksimal mungkin sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan. Allah SWT akan memberi pahala dan keberkahan berkali lipat kepada umat muslim yang bersungguh-sungguh dalam menunaikannya.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan bersama dengan pasangan adalah tadarus atau mengaji. Aktivitas ibadah ini bisa dilakukan di rumah sembari menunggu waktu magrib tiba, sepulangnya Anda dan pasangan dari kantor.

(Mau tahu apa saja dokumen yang harus diurus dalam proses pembelian rumah pertama? Simak selengkapnya di Panduan Rumah.com)

Waktu lain yang bisa dialokasikan untuk tadarus Quran adalah seusai adzan subuh, yang menandakan dimulainya ibadah puasa. Setelah melaksanakan salat subuh, upayakan untuk tadarus bersama minimal 15 menit atau bahkan membaca hingga satu juz.

Menyaksikan kajian agama

Di akhir pekan atau ketika Anda dan pasangan punya waktu luang, pergunakanlah untuk mendengarkan kajian atau ceramah agama melalui televisi atau youtube. Tentu kegiatan ini lebih bernilai daripada menghabiskan puasa dengan tidur sepanjang waktu.

Menonton film

Kendati harus mengencangkan intensitas beribadah, bukan berarti menonton film favorit dilarang selama puasa. Seusai tarawih atau sambil menunggu beduk magrib, ajaklah pasangan untuk menonton film kegemaran berdua di ruang keluarga.

Eits, menonton film ini ada batasannya, ya! Sebaiknya pilih film yang sarat akan ilmu dan pesan bermanfaat, jangan menyaksikan film yang mengundang emosi karena bisa membatalkan puasa.

(Sebelum beli rumah baru, pastikan Anda sudah menyimak ulasan lengkapnya di Review Properti dari Rumah.com)

 

 

2 dari 2 halaman

Bersih-bersih rumah

Kegiatan membersihkan rumah bersama pasangan saat berpuasa tidak dilarang. Asalkan, sadar akan kondisi fisik dan jangan sampai kelelahan yang bisa berujung pada batalnya puasa.

Olahraga kecil

Serupa dengan membersihkan rumah, olahraga pun tidak dilarang selama berpuasa. Namun sebaiknya pilih jenis olahraga yang kecil/ringan, agar tidak membuat badan terasa letih serta tenggorokan terlalu kering.

Dianjurkan, kedua aktivitas ini dikerjakan di taman rumah saat waktu ‘ngabuburit’ tiba. Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah bersepeda bersama di area perumahan.

(Kalau mau beli rumah, simulasikan dulu cicilan rumah per bulannnya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

Bagi para pesepeda, penyesuaian waktu dan jarak bersepeda dilakukan selama bulan puasa agar tetap selalu sehat dan bugar. Jika tidak bisa bersepeda pada sore hari, maka bersepeda malam hari bersama atau yang dikenal dengan istilah night riding patut dicoba.

Mendukung kegiatan bersepeda malam hari, jaringan toko sepeda Rodalink kembali mengadakan Night Ride Ramadhan Rodalink di puluhan outletnya yang tersebar di Indonesia, termasuk yang ada di Singapura dan Malaysia.

Tercatat lebih dari 3000-an pesepeda mendaftarkan diri untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang telah diadakan sejak tahun 2017 ini. Berbagai acara menarik diadakan, dalam kegiatan ini diantaranya Ngabuburide (bersepeda bersama sambil menunggu waktu berbuka puasa), coaching clinic, kompetisi foto dan video, hingga bagi-bagi hadiah.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah


Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Agar Bulan Madu Tak Berantakan, Salah Satunya Soal Uang
Artikel Selanjutnya
Biar Tak Cekcok, Simak Tips Kelola Keuangan bagi Pengantin Baru