Sukses


Memilih Jenis Lantai yang Pas untuk Rumah Anda

Liputan6.com, Jakarta Lantai merupakan salah satu bagian terpenting sebuah rumah. Dan lantai biasanya amat jarang diganti sejak rumah dibangun.

Oleh karena itu, memilih jenis lantai yang tepat untuk rumah memerlukan pertimbangan yang amat matang. Terlebih, teknologi bangunan yang ada saat ini menawarkan begitu banyak ragam material yang dapat digunakan untuk melapisi lantai rumah.

Dari laman, Rumah.com, berikut beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih jenis material untuk melapisi lantai rumah Anda:

Fungsi Ruangan

Tiap ruangan memiliki fungsi masing-masing. Jenis lantai yang digunakan harus disesuaikan dengan masing-masing fungsi ini. Untuk kamar mandi, misalnya, lantai keramik tentu lebih baik daripada lantai kayu. Di antara beragam jenis keramik, keramik dengan permukaannya kasar lebih disarankan.

Berat beban yang mungkin ditanggung lantai juga perlu diperhitungkan. Misalnya untuk garasi, lantai harus bisa menahan bobot mobil, sehingga diperlukan material yang kuat, seperti granit. Lantai granit biasanya juga memiliki pori-pori yang kecil sehingga tidak mudah menyerap tumpahan oli dari mobil. Permukaannya pun tidak terlalu licin sehingga tidak menyebabkan ban mobil selip.

Luas Ruangan

Luas ruangan tidak hanya akan memengaruhi jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli material lantai. Luas ruangan juga akan memengaruhi warna dan ukuran ubin lantai yang sebaiknya Anda pasang. Untuk ruangan yang tidak terlalu luas, lantai berwarna terang akan membantu membuat ruangan terasa lebih lega.

Selain itu, ubin berukuran besar juga akan membuat ruangan terasa lebih luas. Oleh karena itu, ada baiknya memilih lantai dengan ukuran ubin yang cukup besar untuk ruangan kecil.

Cara Membersihkan

Untuk membersihkan lantai dengan cara yang tepat, Anda perlu memahami bahwa tiap-tiap material membutuhkan cara perawatannya masing-masing. Lantai yang dilapisi karpet perlu dibersihkan dengan vacuum cleaner agar debu-debu yang terperangkap di serat-serat karpet dapat terangkat sempurna. Lantai marmer relatif mudah dibersihkan, namun rentan terhadap bahan-bahan kimia yang terkandung dalam beberapa jenis cairan pembersih.

Sebelum memilih material lantai, kenali dulu cara membersihkannya. Jika Anda super sibuk, pilihlah jenis lantai yang dapat dibersihkan dengan mudah dan cepat.

Harga dan Biaya Perawatan

Material yang berbeda tentunya memiliki harga yang berbeda pula. Selain itu, dalam satu jenis material pun terdapat beragam tingkatan kualitas yang berbanding lurus dengan harga yang harus dibayar.

Namun demikian, bukan sekadar harga beli material saja yang perlu Anda perhitungkan. Beberapa jenis material barangkali terbilang murah, tapi boleh jadi membutuhkan biaya perawatan lebih banyak atau lebih rentan mengalami kerusakan. Dalam jangka panjang, material seperti ini justru akan lebih banyak menguras isi dompet.

Faktor-faktor Lain

Beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan, misalnya keberadaan balita atau binatang peliharaan. Lantai karpet mungkin baik untuk keluarga dengan balita yang sedang dalam masa aktif, karena dapat menghindarkan benturan keras jika di kecil terjatuh. Jika Anda memelihara kucing atau anjing di dalam rumah, sebaiknya memilih jenis lantai yang anti-gores, misalnya keramik, agar tidak mudah rusak oleh cakaran mereka.

Selain itu, pertimbangkan pula apakah ada di antara penghuni rumah yang memiliki alergi. Jika iya, sebaiknya hindari lantai karpet yang mudah menghimpun debu.

Astrid Septriana


REVIEW PROPERTY

Lihat Semua