Sukses


8 Ide Kreatif Dekorasi Tangga

Liputan6.com, Jakarta - Tangga mempunyai fungsi sebagai penghubung antara dua lantai. Namun, seringkali tangga hanya dilihat dari fungsinya namun tampilan terabaikan. Padahal, tampilan tangga yang bagus dan elegan akan memberi nilai tambah bagi rumah.

Ada banyak cara untuk mendekorasi area tangga. Bila mempunyai banyak bujet, Anda dapat mendesain secara khusus sejak awal membangun rumah. Namun Anda juga dapat menambahkan benda-benda sederhana yang mudah terlihat sehingga tampilan tangga lebih menarik.

Dikutip dari Rumah.com, berikut beberapa inspirasi kreatif yang dapat dilakukan untuk mendekorasi tangga rumah Anda seperti ditulis Selasa (15/3/2016):

Kata-kata Inspiratif

Berikan kata-kata inspiratif (quote) di setiap pijakan tangga menuju kamar anak-anak di lantai dua. Misalnya, kata-kata inspiratif dari kartun favorit mereka. Cara ini cukup mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak aksesori.

Papan Tulis

Ide ini hampir sama dengan sebelumnya, yakni menulis kata-kata inspiratif di setiap tangga, namun menggunakan papan tulis dan kapur warna-warni. Hal ini dapat mengaktifkan sisi kreatif Anda. Anak-anak pun dapat ikut berpartisipasi dan mengasah sisi kreativitas mereka.

Dekorasi dengan Bingkai

Tambahkan bingkai foto, kaca, atau dekorasi unik lainnya. Jika rumah Anda memiliki tangga melingkar, buat dekorasi dinding mengikuti arah tangga untuk menambahkan kesan elegan dan mewah.

Beri Aksen Kayu

Anda bisa menambahkan aksen kayu di salah satu sisi dinding di tangga. Dinding berbahan kayu dapat memberikan kesan elegan. Selain itu, Anda bisa juga menambahkan lukisan atau bingkai foto pada bagian tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dekorasi yang Jadi Pusat Perhatian

Anda juga bisa memberikan dekorasi berbentuk ornamen tertentu yang menjadi daya tarik di bagian tangga. Namun dalam memutuskan ornamen apa yang digunakan, harus difikirkan matang-matang, karena bisa jadi dekorasi tersebut akan membuat rumah Anda tampak berantakan.

Perabotan Rumah Tangga

Ada cara yang lebih mudah mendekorasi tangga rumah, yaitu dengan menambahkan perabot rumah tangga favorit di bagian tengah atau bawah tangga. Biasanya tangga rumah tidak memiliki ruang yang cukup besar, Anda bisa menambahkan kursi sofa yang didekatkan ke dinding dan menambahkan karya seni di atasnya.

Cat Tangga dengan Gradasi Warna

Cara kreatif lain untuk menghias tangga rumah Anda adalah dengan gradasi warna. Jika Anda seseorang yang penuh dengan keceriaan, Anda bisa mencoba cara ini. Pilih warna yang Anda sukai, kemudian setiap naik satu anak tangga, berikan warna yang lebih muda.

Hiasi Tangga dengan Wallpaper

Mungkin Anda belum menyadari jika wallpaper tidak hanya bisa digunakan untuk dinding. Anda bisa merekatkan wallpaper di setiap tangga dengan motif yang sama atau bereksperimen dengan motif yang berbeda.

(Mita Agustina/Ahm)


REVIEW PROPERTY

Lihat Semua