Sukses

JK Yakin Prabowo Terima Keputusan MK Soal Gugatan Hasil Pilpres

Soal peluang rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo, JK menyebut hanya menunggu waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK yakin calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto akan menerima apapun keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan hasil Pilpres 2019. JK menyebut, Prabowo sosok tokoh yang realistis sehingga tak akan menolak keputusan MK. 

"Saya yakin pasti diterima. Pak Prabowo juga orang yang realistis," ujar JK di kantornya, Selasa (11/6/2019). 

Bulan lalu, JK sempat bertemu Prabowo di suatu tempat. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas banyak hal, mulai dari keadilan ekonomi sampai masa depan bangsa. Menurut JK, Prabowo ingin Indonesia menerapkan keadilan ekonomi.

"Salah satu tujuan Pak Prabowo ialah keadilan ekonomi. Kita sama-sama (ingin keadilan ekonomi), jadi kita akan bicara lagi seperti itu," ucap dia.

Soal peluang rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo, JK menyebut hanya menunggu waktu. Pertemuan Jokowi dan Prabowo bisa dilakukan sebelum atau sesudah MK memutuskan gugatan hasil Pilpres 2019. 

"Kapan saja bisa ketemu. Bisa sebulan setelahnya, tapi tergantung masing-masing lah," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebelum Keputusan MK

Meskipun, lanjut JK, idealnya pertemuan Jokowi dan Prabowo dilakukan sebelum MK memutuskan gugatan hasil Pilpres 2019. Namun, JK dapat memaklumi bila pertemuan belum bisa digelar saat ini. 

"Kalau mau lebih aman tentu sekarang tapi ada juga faktor-faktor lain,” pungkasnya.

Sebelumnya, Prabowo-Sandiaga melayangkan gugatan hasil Pilpres ke MK pada 24 Mei 2019. Dalam gugatan, Tim Hukum Prabowo-Sandiaga menyebut telah terjadi kecurangan Terstruktur, Sistematis dan Masif pada pelaksanaan Pilpres.

Mereka juga mendorong MK untuk mendiskualifikasikan rivalnya Joko Widodo-Ma’ruf Amin. 

 

Reporter: Titin Supriatin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.