Sukses

4 Ribu Napi Lapas Cipinang Baru Hari Ini Nyoblos Pemilu, Kenapa?

Jumlah surat suara yang disediakan oleh penyelenggara pemilu tak sesuai dengan jumlah orang yang mempunyai hak untuk mencoblos pada Pemilu 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilu 2019 telah berakhir. Namun, ternyata masih banyak masyarakat Indonesia yang belum menggunakan hak pilihnya pada Pemilu, Rabu 17 April kemarin.

Salah satunya warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur. 

"Lapas Cipinang ada 4 ribu lebih warga binaan. Tapi surat suara hanya 1.100. Jadi dengan begitu ada berapa warga, tapi memang ada yang tidak mau memilih, ingin memilih tidak bisa memilih," kata Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik di Jakarta, Kamis (18/4/2019). 

Di sana, jumlah surat suara yang disediakan oleh penyelenggara pemilu tak sesuai dengan jumlah orang yang mempunyai hak untuk memilih atau mencoblos pada Pemilu 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Tahanan Tak Punya e-KTP

Sementara itu, Wakil Ketua Komnas HAM Bidang Eksternal Sandrayati Moniaga menjelaskan, permasalahan bukan hanya dari pihak penyelenggara saja. Tapi, permasalahan di Lapas atau rutan itu juga terjadi karena adanya masalah administrasi.

"Hal antara warga binaan dengan kertas suara. Temuan kami bukan hanya soal penyelenggara, tapi juga administrasi di rutan dan lapas. Banyak tahanan yang tidak punya e-KTP," jelasnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Reporter: Merdeka

  

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini