Sukses

Jokowi-Ma'ruf Amin Raih 77,63 Persen di Serbia dan Montenegro

Penghitungan suara di Beograd dan di perwakilan-perwakilan RI lainnya di luar negeri bersamaan waktunya dengan pelaksanaan pemilu secara nasional di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin meraih 77,63 persen atau 59 suara dari 76 surat suara sah di Serbia dan Montenegro. 

Sementara itu, pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno memperoleh 19 suara atau 22,37 persen suara berdasarkan keterangan dari KBRI Beograd yang diterima Antara di Jakarta, Kamis (18/4/2019). 

Penghitungan suara dilaksanakan di Sport Hall KBRI Beograd (TPSLN Beograd) dimulai pukul 12.30 CET. Terdapat total 76 surat suara sah yang dicoblos WNI di Serbia dan di Montenegro.

Sedangkan untuk DPR, PDI Perjuangan memimpin perolehan suara dengan angka 31,94 persen. Sedangkan urutan kedua diduduki Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan perolehan 22,22 persen suara.

Acara penghitungan suara dihadiri oleh Dubes RI untuk Serbia merangkap Montenegro, Mochammad Chandra Widya Yudha, seluruh Staf KBRI serta para WNI yang berdomisili di Beograd, Serbia,.

Penghitungan suara di Beograd dan di perwakilan-perwakilan RI lainnya di luar negeri bersamaan waktunya dengan pelaksanaan pemilu secara nasional di Tanah Air.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode Pemungutan Suara di Beograd

Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu serentak 2019 untuk wilayah kerja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Beograd dilaksanakan melalui tiga metode, yakini TPS, kotak suara keliling (KSK) dan pos.

Tingkat partisipasi WNI di Serbia dan di Montenegro yang masuk dalam DPT pada pemilu serentak kali ini mencapai 99,5 persen. Sementara, sisa surat suara dinyatakan habis untuk memfasilitasi pemilih Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) pada pemungutan suara di TPSLN Beograd, pada 14 April.

 

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.